oleh

Belasan Miliar untuk Transportasi Bencana

Kolendri BPBD
Drs. Kolendri

kupasbengkulu.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, tahun 2013 telah menyalurkan bantuan transportasi yang bersumber dari dana APBN 2013 se Provinsi Bengkulu. Adapun bantuan tersebut, 14 unit motor tril, mobil 23 unit, 3 jenis perahu, puluhan logistik, puluhan mesin air, 1 unit bangunan gedung BPBD Kota Bengkulu, 1 unit mobil komunikasi serta lainnya. Jika dinominalkan, penyaluran tersebut sudah mencapai belasan miliar rupiah.

”Tahun 2013 kita sudah menyalurkan sarana transportasi ke seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu. Penyaluran tersebut dalam bentuk barang, saya kira dana untuk pembelian transportasi itu tidak kurang dari belasan miliar,” kata Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Drs. Kolendri.

Penyaluran tersebut, kata Kolendri, tidak lain untuk antisipasi bencana yang sewaktu-waktu akan melanda di Provinsi Bengkulu. Meskipun demikian, terang Kolendri, BPBD Provinsi Bengkulu masih mengalami kekurangan alat untuk pengangkat barang saat terjadi bencana.

”Saat ini kita belum ada alat pengangkat barang ketika terjadi bencana. Fasilitas lainnya di BPBD semuanya sudah bisa dikatakan lengkap,” jelas Kolendri.

Dibagian lain, lanjut Kolendri, guna mengantisipasi bencana khususnya di tepi pesisir pantai barat Sumatera Bengkulu, BPBD Provinsi Bengkulu telah membebaskan lahan seluas sekitar 15 Hektare (Ha) di beberapa kabupaten. Seperti, Kaur, Mukomuko, Bengkulu Tengah (Benteng), Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan dan Kota Bengkulu.

Pembebasan lahan tersebut, terang Kolendri, setiap kabupaten tidak lebih dari satu Ha. Tujuan dari pembebasan lahan itu sendiri, untuk mendirikan bangunan pengungsian warga saat terjadi bencana. Bangunan tersebut, nantinya terdapat dapur, kamar, WC umum serta lainnya.

”Pembebasan lahan anggarannya sekitar Rp 800 juta semuanya sudah diselesaikan, dananya dari APBD Provinsi Bengkulu. Kalau untuk pembangunannya menyusul di tahun ini (2014),” pungkas Kolendri.(gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed