Home » BENGKULU » Cepat dan Hemat, Matik Honda Berjaya di Bengkulu

Cepat dan Hemat, Matik Honda Berjaya di Bengkulu

by Yasrizal

honda-racing-logo

kupasbengkulu.com– Penjualan sepeda motor Honda automatic (matik) di Bengkulu terus meningkat. Bahkan, saat ini, motor matik Honda menempati urutan pertama sebagai motor terlaris di Bengkulu dengan penguasaan pasar 47 persen, jauh meninggalkan para pesaingnya.

Pencapaian itu berhasil diraih karena animo masyarakat di provinsi Raflesia terhadap sepeda motor matik Honda yang tinggi.

“Bagi konsumen di Bengkulu, sepeda motor matik Honda dinilai sebagai motor matik paling hemat BBM, andal dan bisa dipacu cepat,” ujar Kepala Wilayah Bengkulu PT Astra International Tbk-Honda Sales Operation (Astra Motor) Agoes Setiawan di Bengkulu, Sabtu (2/12).

Selain itu, Honda banyak dipilih karena penerapan inovasi dan teknologi di motornya, seperti standar samping otomatis yang berfungsi mematikan mesin pada saat standar samping diturunkan.

Juga ada parking brake lock yang berguna memberikan kenyamanan lebih pada saat di tanjakan atau turunan tanpa perlu memegang tuas rem. Hal ini, kata Agoes, menunjukkan bukti bahwa Honda sangat mengutamakan keselamatan pengendara.

Diakui, sebelumnya banyak anggapan bahwa motor matik adalah boros. Ternyata, hal itu bisa ditepis oleh Honda. Motor matik Honda, yang saat ini semuanya dibalut teknologi injeksi PGM-FI, terbukti sebagai motor paling hemat di Indonesia.

Lihat saja, dalam uji coba yang dilakukan Oktober 2012 lalu, motor matik Honda Beat PGM-FI tercatat mengonsumsi 90,3 km/liter atau lebih hemat 30% dibandingkan dengan generasi sebelumnya (metode pengukuran ECE R40). Beat berhasil mempertahankan posisinya sebagai sepeda motor paling irit di kelasnya.

Belum lagi motor matik Honda lainnya seperti Vario dan Scoopy. Memang, kata Agoes, dari dua tipe ini, Honda Beat yang melejit penjualannya.

Berdasarkan data registrasi di kepolisian (Polreg), sepanjang Januari-Oktober 2013, Honda Beat series terjual 11.585 unit atau menguasai 57,3% pangsa pasar skutik di Bengkulu.

Posisi kedua diraih Yamaha dengan pangsa pasar 42,3% karena mencetak penjualan 8.538 unit. Total market motor matik kelas bawah di Bengkulu sebesar  20.202 yang memiliki kontribusi 43,3% dari total penjualan sepeda motor di Bengkulu sepanjang Januari-Oktober 2013 yang mencapai 46.602 unit.

“Hingga akhir tahun ini, kami optimistis bisa mengambil market share  60 persen,” kata Agoes.

Angka penjualan Beat itu memberi kontribusi 42,4 % terhadap total penjualan sepeda motor Honda di Bengkulu yang sebesar 24.666 unit. Secara nasional, Honda Beat juga menempati urutan teratas penjualan sepeda motor injeksi di Indonesia dengan pangsa pasar 33,1 persen karena sepanjang Januari-Oktober 2013 sudah terjual sebanyak 1.547.121 unit.(coy)

You may also like

Leave a Comment