Home » BENGKULU » Hujan Lebat, 4 Kelurahan Direndam Banjir

Hujan Lebat, 4 Kelurahan Direndam Banjir

by Firdaus Eka

Banjir juga merendam rumah warga di Kelurahan Tanjung Jaya, Selasa (21/01/2014)

Banjir juga merendam rumah warga di Kelurahan Tanjung Jaya, Selasa (21/01/2014)

kupasbengkulu.com – Tak hanya Kelurahan Rawa Makmur, banjir akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah Kota Bengkulu sejak dini hari turut merendam rumah warga di beberapa kelurahan lainnya seperti Kelurahan Tanjung Agung, Tanjung Jaya, dan Suka Merindu. Tak tanggung-tanggung, hingga sore hari ketinggian air bertambah hingga di atas lutut orang dewasa.

Banjir terparah terjadi di RT.01 RW.01 Kelurahan Tanjung Jaya Kota Bengkulu. Tampak genangan air sudah masuk ke rumah warga. Menurut Sukiarti, warga setempat, Tanjung Jaya selalu menjadi ‘langganan’ banjir setiap musim hujan tiba. Sebelumnya, warga sudah mengantisipasi dengan meninggikan bangunan rumah, namun ratusan rumah warga masih terkena banjir.

“Air mulai naik sejak siang hari tadi, kalau pagi tadi baru sebatas mata kaki. Makin sore air semakin tinggi, sekarang sudah mencapai lutut,” ujar Sukiarti yang ditemui di kediamannya, Selasa (21/01/2014).

Ditambahkan Sukiarti, kemungkinan banjir di Kelurahan Tanjung Jaya merupakan banjir kiriman dari sejumlah perairan atau pun rawa yang berada tepat di belakang pemukiman warga. Jika hujan tiba, air dari rawa tersebut akan meluap dan air mengalir hingga menggenangi rumah warga.

“Kemungkinan banjir ini berasal dari rawa yang di belakang, soalnya air mendadak tinggi siang ini, padahal hujannya sudah dari dini hari,” katanya lagi.

Ditemui di lokasi yang sama, Koptu Baharudin, TNI-AD, melakukan pengecekan atau Babinsa (Bintara Pembina Desa) di Kelurahan Tanjung Jaya, Tanjung Agung, dan Sukamerindu. Menurutnya pengecekan ini guna memastikan kondisi warga yang terkena banjir.

“Hari ini pengecekan di tiga kelurahan yang terkena banjir. Kita lihat dulu separah apa dan dampaknya ke masyarakat. Kemudian akan diproses dan diberi penanganan lebih lanjut,” demikian Baharudin. (val)

You may also like

Leave a Comment