Home » TRAVELISTA » TRAVELING » Ingin Doa Dikabulkan? Cuci Muka di Sumur Soekarno

Ingin Doa Dikabulkan? Cuci Muka di Sumur Soekarno

by Yasrizal

Terlihat pengunjung rumah Bung Karno menyempatkan diri untuk mencuci muka di sumur di belakang rumah tersebut.

Terlihat pengunjung rumah Bung Karno menyempatkan diri untuk mencuci muka di sumur di belakang rumah tersebut.

kupasbengkulu.com – Ada yang unik dan menarik ketika berkunjung ke tempat wisata sejarah ‘Rumah Kediaman Bung Karno’ saat pengasingan di Bengkulu tahun 1938-1942.

Sekilas mungkin biasa saja, hanya rumah kecil berukuran 162 m2, dengan beberapa ruangan yang saling berhubungan satu sama lain, serta benda-benda peninggalan Bung Karno.

Halaman depan rumah Bung Karno tampak begitu asri dengan beragam tanaman dan rumput hijau. Sebuah tiang bendera merah-putih berdiri tegak di depan rumah. Di bagian kiri rumah, terdapat dua buah sarang burung besar yang terbuat dari kawat dan besi.

Melangkah dari teras depan, kita langsung di hadapkan pada ruang tamu dan ruang kerja Bung Karno. Di ruang tamu terdapat satu set kursi serta dua buah lemari tua yang berisi buku-buku cetakan lama. Selain itu juga ada sebuah sepeda onthel tua yang diletakkan di dalam kotak kaca dan beberapa foto kenangan Bung Karno di Bengkulu.

Di ruang kerja Bung Karno juga terdapat lemari tua berserta buku lama dan beberapa foto dirinya. Di sebelah kanan ruang tamu ada sebuah ruangan yang menurut informasi, ruangan tersebut digunakan untuk kamar para tamu. Ruangannya juga tak terlalu besar. Di dalamnya ada dua buah lemari yang berisi kostum-kostum saat pementasan teater Monte Carlo dulu. Puluhan kostum di lemari tersebut terlihat sudah sangat tua, namun masih bagus.

Di sana juga terdapat dua buah kamar tidur yang saling berhadapan, yakni kamar tidur Bung Karno dan anak angkatnya. Ada mitos yang menyebutkan bahwa jika sepasang kekasih atau suami isteri berfoto sambil duduk bersama di atas tempat tidur Bung Karno, niscaya hubungan keduanya akan langgeng.

“Mitos itu percaya tidak percaya sih. Tapi banyak pasangan yang berkunjung ke sini menyempatkan untuk berfoto bersama di atas kasur Bung Karno,” ujar M. Yaman, pemandu wisata di Rumah Bung Karno.

Di bagian belakang rumah Bung Karno ada sebuah teras lebar dengan halaman yang luas. Di sebelah kirinya ada sebuah sumur tua dan lima buah ruangan kecil yang berjejer, antara lain kamar pembantu, gudang, dapur, kamar mandi, dan WC.

Banyak orang percaya bahwa sumur di belakang rumah Bung Karno dapat mengabulkan semua keinginan. Sumur itu sudah ada sejak dahulu. Beberapa orang yang mengaku pernah mencuci muka dengan air sumur tersebut, dalam waktu yang tak lama, permintaannya terkabul.

“Ada cerita tentang salah satu warga Bengkulu yang punya penyakit paru-paru. Sanking parahnya, berat badannya terus menurun. Sang ibu berinisiatif mengambil air sumur tersebut untuk anaknya. Sekarang dia sudah mulai membaik dan berat badannya bertambah,” cerita Yaman.

“Ada juga yang percaya sumur tersebut mendatangkan rezeki dan membuat enteng jodoh. Pokoknya semua keinginan,” katanya lagi.

Ditambahkan Yaman, kisah sumur ini awalnya hanya mitos. Tapi tak tahu mengapa semakin banyak orang yang percaya dan merasakan khasiatnya.

“Kuncinya yakin. Kalau ragu mending tak usah,” demikian Yaman. (val)

You may also like

Leave a Comment