Home » BENGKULU » KMP Pulo Tello Naik Dock, Sebulan Tidak Ada Pelayaran ke Enggano

KMP Pulo Tello Naik Dock, Sebulan Tidak Ada Pelayaran ke Enggano

by Yasrizal

KMP Pulo Tello akan menjalani perbaikan di Pelabuhan Tanjung Priok selama satu bulan.

KMP Pulo Tello akan menjalani perbaikan di Pelabuhan Tanjung Priok selama satu bulan.

kupasbengkulu.com –  Kapal Motor Penumpang (KMP) Pulo Tello yang melayani pelayaran dari Kota Bengkulu ke Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara, untuk sementara akan berhenti berlayar. Terhentinya pelayaran tersebut dikarenakan kapal akan menjalani docking (perbaikan) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Dikatakan Manajer Usaha dan Tehnik PT. Angkutan Sungai Danau dan Pelabuhan (ASDP) Indonesia Ferry, Kantor Cabang Bengkulu, Samiun, kapal akan menjalani docking selama 30 hari.

“Docking kapal dilakukan sebulan penuh. Berangkat tanggal 29 Januari dan kembali ke Bengkulu tanggal 4 Maret,” terang Samiun, Kamis (23/1/2014).

“Rencana sebelumnya, selama docking pelayaran dari Kota Bengkulu ke Pulau Enggano akan dilayani kapal perintis. Tapi ternyata tidak ada kapal pengganti, sehingga dalam satu bulan itu pelayaran ke Pulau Enggano dihentikan sementara,” tambahnya.

Karenanya, pada waktu tesebut masyarakat Enggano yang ingin ke Kota Bengkulu  atau sebaliknya harus menunda rencana tersebut. Pada kondisi normal, pelayaran dari Kota Bengkulu – Pulau Enggano dijadwalkan hari Selasa dan Jumat sore. Sedangkan pelayaran dari Pulau Enggano – Kota Bengkulu dilayani Rabu dan Sabtu sore.

Sementara, biaya docking tersebut sebesar Rp 1,2 miliar. Penggunaan anggaran tersebut masing-masing untuk biaya mobilisasi dari Bengkulu – Tanjung Priok sebesar Rp 300 juta. Sedangkan Rp 900 juta sisanya  untuk biaya perawatan dan penggantian suku cadang. Selama docking kapal akan mendapatkan perawatan berupa penggantian plat bawah yang diukur dengan ketebalan ideal diatas 6 milimeter.

KMP Pulo Tello adalah kapal buatan tahun 2002 dan telah berlayar di Benngkulu selama kurang lebih  4 tahun. Dalam setahun, pelayaran dari Kota Bengkulu – Enggano atau sebaliknya dilakukan sebanyak 77 kali.(beb)

You may also like

Leave a Comment