Home » TRAVELISTA » TRAVELING » Kota Lima adalah “The Collonial City”

Kota Lima adalah “The Collonial City”

by Kupas

lima1
kupasbengkulu.com – Gedung-gedung peninggalan Spanyol terutama di Centro de Lima terjaga apik. Di sinilah kemegahan kolonial bisa dilihat. Ada Istana Presiden (Palacio de Gobierno) dengan taman dan alun-alun di tengahnya yang mereka sebut sebagai Plaza de Armaz. Di sampingnya ada Catedral de Lima, peninggalan bangsa Spanyol yang megah dan dibangun pada abad ke 16 Masehi. Saya sudah memotret beberapa exterior catedral ini sebelumnya, pada kunjungan saya yang kedua, bertepatan dengan hari Minggu, ternyata gereja ini dibuka. Terpukau saya melihat interior neo klasik bangunan abad ke 16 ini. Saya masuk ke ruangan-ruangan ibadah, terutama di depan patung kayu Virgin of Evangelization karya Rogou Baldoque yang diimpor langsung dari Spanyol.

Lima boleh disebut sebagai kota ketedral, setidaknya ada lima ketedral besar di sini. Sebut saja ketedral San Fransico.Ini adalah ketedral tertua di Lima. Ketederal ini memiliki ruang bawah tanah (catacomb) untuk menyimpan kerangka sekitar 25 ribu orang, mulai dari para santo sampai jemaat gereja dan penduduk kota Lima.

Lukisan para Santo yang menyebar agama Katholik di Lima dan sekitarnya terpajang apik di ruang bawah tanah ini. Saya beruntung bisa masuk ke sini, karena menemani Ibu Marie Pangestu yang berziarah ke 2 ketedral tua di kota Lima. Hanya tamu negara yang diperkenankan masuk dan memotret ruang bawah tanah ini. Peziarah lainnya boleh masuk pada ruang-ruang terbatas di ruang bawah tanah.

Masih di kawasan ini, tepatnya di sebelah kanan istana presiden, ada bangunan antik berrwarna merah. Ini adalah katedral Santo Dominggo ( Iglesia – Convento de Santo Dominggo). Didirikan tahun 1553 untuk menghormati Santo Dominggo yang ikut mendirikan kota Lima. Di depan istana ada kantor pos besar. Kawasan yang disebut Plaza de Armaz ini cantik dan indah sekali. Saya merasakan aura Eropa dan Mediterania di sini.(Apni Jaya Putra)

You may also like

Leave a Comment