Home » BENGKULU » Pemkot Rancangkan Perda Wajib Salat Berjamaah

Pemkot Rancangkan Perda Wajib Salat Berjamaah

by Yasrizal

Kakan Kemenag Kota Bengkulu, Drs. H. Mukhlisuddin, SH.

Kakan Kemenag Kota Bengkulu, Drs. H. Mukhlisuddin, SH.

kupasbengkulu.com – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu, Drs. H. Mukhlisuddin, SH, mengatakan di tahun 2014 ini Pemerintah Kota Bengkulu akan rancangkan Peraturan Daerah (Perda) wajib salat berjamaah. Hal tersebut dilakukan masih dalam rangka mensukseskan Program 8 Tekad Bengkulu ku Religius.

“Ini merupakan rancangan program untuk tahun 2014. Kita akan buat Perda tentang wajib salat berjamaah, bukan saja untuk PNS tapi juga untuk masyarakat. Nantinya kegiatan ini akan dikontrol dengan menerapkan absensi oleh Satpol PP maupun Linmas,” ujar Mukhlis saat ditemui di ruang kerjanya, pada Jumat (17/01/2014).

Tidak hanya menerapkan wajib sholat berjamaah, rencananya pemkot juga akan membuat aturan tentang tata cara berpakaian (seragam sekolah dan pegawai), program Bengkulu Magrib Mengaji, Majelis Taklim, Remaja Masjid, wajib slogan sopan santun, dan masih banyak lagi.

“Segera mungkin program ini akan dilauncing walikota. Ada banyak item yang dipersiapkan. Untuk tahap awal akan difokuskan pada pembangunan tempat ibadah di tempat-tempat umum dan lokasi wisata. Di samping itu, semua tempat akan dilengkapi dengan slogan atau tulisan bersifat religi dan sopan santun. Setelah itu terlaksana barulah kita sosialisasikan program lainnya seperti Bengkulu Magrib Mengaji, Majelis Taklim, Remaja Masjid, diskusi keagamaan, pengajian, sampai segi pakaian akan diatur dalam Perda,” tambah Mukhlis.

Mukhlis menambahkan, dalam Perda ini nantinya juga akan disertai sanksi bagi yang melanggar.

“Perda ini akan langsung mengatur sanksi. Jadi bagi yang melanggar akan ada konsekuensi yang diberikan. Ini adalah strategi kita untuk menciptakan suasana yang religius di Kota Bengkulu, dan untuk meningkatkan kenyamanan dan ketentraman di tengah masyarakat,” tegas Mukhlis.(val)

You may also like

Leave a Comment