oleh

Pencairan Dana PKH Tetap Dilayani Hingga Februari

pencairan dan pkh
Pihak Kantor Pos Bengkulu memperpanjang waktu pengambilan dana PKH hingga bulan Februari mendatang.

kupasbengkulu.com – Pencairan dana Program Keluarga Harapan (PKH) triwulan 4 melalui loket di Kantor Pos Cabang Bengkulu, telah ditutup Desember 2013 lalu. Meski demikian, Manajer Pelayanan Kantor Pos Cabang Bengkulu, Budi Kurniawan, menjelaskan, pihaknya tetap akan melayani Rumah Tangga Sasaran (RTS) untuk melakukan pencairan.

“Kini masih tetap kami layani. Bedanya kalau sebelumnya pencairan dilakukan bersama pendamping dan dijadwalkan per kelurahan, untuk yang terlambat pencairannya perorangan, tapi tetap harus ditemani pendamping,” ungkap Budi.

Dikatakan Budi pencairan dana PKH triwulan 4 melalui Kantor Pos Cabang Bengkulu tersebut ditujukan untuk 11.035 RTS, dengan total dana  sebesar Rp 3,9 miliar yang diberikan Kementerian Sosial RI. Penerima dana  PKH terdapat di 3 kabupaten/kota. Rinciannya, di Kota Bengkulu sebanyak 5.537 RTS,  Kabupaten Bengkulu Utara 4.130 RTS, serta di Kabupaten Seluma sebanyak 1.368 RTS.

Pemberian dana PKH oleh pemerintah pusat, dimaksudkan agar masyarakat miskin mendapatkan bantuan kesehatan dan pendidikan. Program PKH bertujuan untuk mencukupi gizi ibu hamil dan menyusui, serta membantu mencukupi kebutuhan anak usia sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama, yang berasal dari keluarga miskin.

Jumlah bantuan yang diberikan sesuai dengan kriteria yang terdapat dalam RTS. Untuk  bantuan tetap sebesar Rp 200 ribu/tahun, bantuan pendidikan tingkat SD sebesar Rp 400 ribu rupiah/tahun, sedangkan bantuan pendidikan tingkat SMP sebesar Rp 800 ribu/tahun. Sementara bantuan untuk RTS yang memiliki ibu hamil/nifas/bayi atau balita akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 800 ribu rupiah/tahun. Pembayaran dana PKH tersebut dibagi dalam empat triwulan pertahunnya. (beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed