Home » BENGKULU » Pengamanan Pemilu, Satpol PP Kota Ditingkatkan Kemampuannya

Pengamanan Pemilu, Satpol PP Kota Ditingkatkan Kemampuannya

by Yasrizal

Satpol PP

kupasbengkulu.com – Untuk memaksimalkan penyelenggaraan Pemilu 2014, sebanyak 30 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bengkulu mengikuti pelatihan kemampuan anggota Linmas, Kamis (27/03/2014) di aula Dinas Pariwisata Kota Bengkulu.

Acara ini rencananya diselenggarakan dari tanggal 27 Maret hingga 1 April 2014 dengan pembicara dari Polres, Kodim, dan internal Satpol PP Kota Bengkulu.

“Kegiatan ini dalam rangka memaksimalkan kinerja Satpol PP dalam melaksanakan tugas, salah satunya dengan pelatihan Linmas yang ada di Satpol PP Kota Bengkulu, yang mana selama ini Linmas bergabung dengan Kesbanglinmas. Pada tahun ini berangsur-angsur membina anggota Satpol PP Kota untuk dijadikan Linmas juga,” ujar Kepala Satpol PP Kota Bengkulu, Jahin L, S.Sos, melalui Suardi, Kabid Ketertiban Umum.

Dijelaskannya, bahwa selama ini di setiap kelurahan di Kota Bengkulu ditempatkan 11 anggota Linmas. Pelatihan ini untuk membina Linmas yang ada di Satpol PP, sehingga akan ada dua kelompok Linmas nantinya. Lebih jauh, pelatihan ini agar Linmas Satpol PP yang terlibat dalam pengamanan Pemilu di TPS memahami ruang lingkup fungsional masing-masing.

Sementara itu, Aiptu Zainuli Rusda, S.IP., selaku pembicara dari Kapolres Kota Bengkulu mengingatkan agar anggota Satpol PP tidak sewenang-wenang dalam menjalankan tugasnya.
Diungkapkannya, dalam Pemilu nanti, setiap TPS akan diamankan oleh anggota polisi, linmas pemilu, dan Satpol PP. Selain itu anggota Satpol PP juga tidak boleh terlibat kampanye.

“Perlu diingat, jika terjadi sesuatu (bukan emergensy) di dalam TPS saat Pemilu, Satpol PP tidak boleh asal masuk dan ikut campur karena bukan wewenangnya. Satpol PP mengawasi keamanan di luar TPS. Namun kalau sifatnya sudah ranah tindak pidana, pemukulan, atau apapun yang sifatnya emergensy boleh ikut turun tangan,” kata Zainuli.

Ditambahkannya, Satpol PP sebagai aparat keamanan jangan sampai menjadi penyebab gangguan keamanan.

“Sering kali kita dengar Satpol PP ini agak emosional di lapangan. Jangan sampai Satpol PP malah yang membuat kegaduhan. Mari kita ciptakan keamanan di Kota Bengkulu, khususnya pada Pemilu 2014 ini,” tutupnya.(val)

You may also like

Leave a Comment