oleh

Penyandang Autis Dilarang Makan Mie

D

kupasbengkulu.com – Dalam sebuah acara yang dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota Bengkulu, Kamis (27/3/2014) pagi setiap siswa berkebutuhan khusus (disabilitas) di sekolah itu disuguhi mie instan untuk sarapan pagi. Namun tidak demikian dengan salah seorang anak penyandang autis, Imam Santoso ia tidak diperbolehkan mengkonsumsi mie.

Menurut Wakil Kepala SLBN Kota, Siwi Wiyandari, S.Pd, penyandang autis memang dilarang mengkonsumsi mie karena akan menyebabkan autisnya bertambah parah.

“Untuk anak autis ada beberapa makanan yang dilarang untuk dikonsumsi karena akan menambah tingkat keautisannya, terutama mie dan makanan terbuat dari gandum lainnya seperti sereal, roti, biskuit dan lainnya” terang Siwi.

Tepung gandum atau terigu mengandung gluten yang bisa dicerna dengan sempurna dan menghasilkan peptida protein yang mirip morphin. Disisi lain penyandang autis harus menghindari makanan yang mengandung casein seperti produk olahan susu, karena sistem percernaan penyandang autis sulit untuk mencerna casein.

Autisme merupakan suatu gangguan dalam bidang interaksi sosial, komunikasi, perilaku, gangguan sensorik dan motorik, sehingga perkembangan penderitanya menjadi terlambat atau tidak normal. Gangguan tersebut diderita seseorang sejak lahir atau saat batita. (beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed