Home » BENGKULU » Perbaikan Jalan Kota Dianggarkan Rp 80 Miliar

Perbaikan Jalan Kota Dianggarkan Rp 80 Miliar

by Firdaus Eka

Perbaikan Jalan.

Perbaikan Jalan.

kupasbengkulu.com – Tahun ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu menganggarkan Rp 80 miliar untuk perbaikan jalan kota.

Menurut Kepala PU Kota, Ir. Darmawansyah, MT, melalui Sekretaris PU Kota, Yusman, S.Sos, tahun ini pihaknya mendapat kucuran dana sebesar Rp 120 miliar.

Dari total dana tersebut, Rp 80 miliar akan digunakan untuk peningkatan jalan ke hotmix serta jalan lingkungan. Sementara sisanya Rp 40 miliar dialokasikan untuk pekerjaan lainnya, seperti rehap gedung, perbaikan irigasi/drainase dan lainnya.

Kenaikan anggaran tersebut cukup signifikan, pasalnya pada tahun 2013 lalu anggaran jalan hanya Rp 15 miliar untuk pengerjaan 75 ruas jalan dalam kota.

Menurut Yusman, tingginya anggaran untuk jalan tersebut adalah kebijakan pemerintah agar perbaikan jalan dapat dilakukan maksimal. Mengingat pada tahun-tahun sebelumnya PU Kota selalu mengalami kekurangan dana, khususnya untuk perbaikan jalan.

“Anggarannya sudah ketok palu, tapi belum realisasi. Tahun ini anggaran memang lebih besar untuk jalan, karena walikota menginginkan agar dalam 5 tahun kedepan semua jalan di kota kondisinya layak dalam artian semuanya mulus,” ungkap Yusman.

Sementara, menyikapi banyaknya keluhan masyarakat untuk perbaikan jalan lingkungan, tahun ini Dinas PU Kota juga akan melakukan pengerasan jalan lingkungan.

Yusman mengatakan standar jalan lingkungan selebar 4 meter, namun untuk tahun ini pengerasan jalan lingkungan dilakukan selebar 3 meter. Hal tersebut berdasarkan kebijakan, agar cakupan pengerasan jalan lingkungan lebih banyak. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara merata oleh masyarakat kota. (beb)

You may also like

Leave a Comment