Home » HUKUM DAN PERISTIWA » Puluhan Mahasiswa Takicu

Puluhan Mahasiswa Takicu

by Firdaus Eka

kupasbengkulu.com – Puluhan mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Kota Bengkulu, diduga tertipu (takicu,red) oleh salah seorang yang bisa membayar uang SPP di kampus mereka secara cepat. Tak terima, uang mereka yang dititipkan tidak dibayar ke kampus oleh Dr (23) dan Fi (22) warga Kota Bengkulu yang tak lain alumni mahasiswa PTS.

Salah seorang korban, atas nama Fajrillah melaporkan kejadian dugaan penipuan tersebut ke Mapolres Kota Bengkulu. Pelaku berhasil diamankan, Sabtu (4/1/2014). Akibat, ulah pelaku puluhan mahasiswa mengalami kerugian belasan juta rupiah.

”Kedua pelaku merupakan mantan mahasiswa kampus kami. Mereka berdua dapat membantu pembayaran uang SPP secara cepat karena mereka memiliki stempel kampus. Karena saya percaya maka uang SPP dititipkan dengan mereka berdua sebesar Rp 1.050.000. Namun, setelah dikonfirmasi ke pihak kampus ternyata uang saya belum dibayar,” kata salah seorang mahasiswa yang diduga menjadi korban penipuan, Fajrillah, Sabtu (4//1/2014).

Secara terpisah, Kapolres Kota Bengkulu, AKBP. Iksantyo Bagus Pramono melalui Kasat Reskrim Polres Kota Bengkulu AKP. Amsaludin, S.Sos membenarkan kejadian dugaan penipuan tersebut. Dari hasil penyelidikan petugas dan pengakuan kedua pelaku sekitar 20 orang mahasiswa kampus tersebut, diduga telah mereka tipu dengan modus yang sama.

”Modus yang dijalankan pelaku, dengan membuat stempel seolah-olah dari bendahara kampus. Sehingga mahasiswa percaya kepada pelaku. Kedua pelaku dikenakan pasal 378 KUHP tentang penipuan dan Pasal 372 tentang penggelapan, dengan ancaman maksimal empat tahun penjara,” demikian Amasludin.(gie)

You may also like

Leave a Comment