oleh

Realisasi Raskin di Bengkulu Tidak Mencapai 100 Persen

kupasbengkulu.com- Realisasi Beras untuk Masyarakat Miskin (Raskin) tahun 2013 ini dipastikan tidak akan mencapai 100 persen. Hal ini diungkapkan Kepala Bulog Devisi Regional Divre Bengkulu, Riskan Nasution di Bengkulu, Kamis (19/12/2013)

Dijelaskannya, tidak terealisasinya Raskin 100 persen karena masih adanya penolakan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko untuk membagikan Raskin tersebut ke masyarakat.

Padahal, kata Riskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, dari 121.574 Rumah Tangga Sasaran (RTS), sebanyak 8.383 RTS penerima manfaat Raskin berada di Kabupaten Mukomuko.

Selain Kabupaten Mukomuko, tambahnya, ada satu desa di Kabupaten Bengkulu Tengah dengan jumlah RTS penerima raskin terlalu kecil, sehingga tahun ini tidak mengambil raskin dari Pemerintah.

“Kami menargetkan untuk realisasi Raskin menjelang akhir tahun ini bisa menembus angka 95,3 persen, mengingat saat ini sudah didistribusikan ke penerima manfaat sekitar 91,99 persen,” bebernya.

Untuk tahun 2014 ini, ujar dia, Pagu Raskin tahun 2014 telah turun dari Menko Kesra dan tidak ada perubahan artinya sama dengan tahun 2013 sebanyak 121.574 RTS. Dengan telah keluarnya pagu raskin tahun ini, diharapkan Pemerintah pada awal tahun depan raskin untuk masyarakat Provinsi Bengkulu sudah bisa disalurkan.

Sebagai bahan evaluasi dari aspirasi masyarakat, lanjut dia, pada tahun depan agar pemerintah bisa kembali menambah alokasi bulan dalam penyaluran Raskin menjadi Raskin ke-16 dari Raskin ke15 tahun 2013 ini. (vee)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed