Home » KEPAHIANG » Tunggu Bunga Bangkai Mekar, Wisatawan Bermalam di Hutan

Tunggu Bunga Bangkai Mekar, Wisatawan Bermalam di Hutan

by Firdaus Eka

bunga bangkai

ABADIKAN : Wisatawan lokal dan Jakarta mengabadikan penemuan Bunga Bangkai di KM 52 Kepahiang, Sabtu (11/1/2014).

kupasbengkulu.com – Bunga Bangkai spesies Amorphpophallus Titanium setinggi 1,5 meter dengan diameter diperkirakan 1 meter, ditemukan Lembaga Peduli Puspa Langka dan Lingkungan, Kepahiang di Hutan Lindung KM 52 Kabupaten Kepahiang sejak 2 hari lalu (9/1/2014). Bunga yang mengeluarkan bau busuk itu diprediksi bakal mekar sempurna 2 hari ke depan.

Penemuan bunga ini menarik perhatian wisatawan lokal, Jakarta dan Negara Jepang yang datang untuk melihat langsung lokasi tumbuh tanaman langka itu. Tidak hanya itu, untuk menyambut mekarnya bunga bangkai itu, wisawatan asal Jakarta saat ini rela mendirikan tenda didekat tumbuhnya Bunga Bangkai.

”Ini Bunga Bangkai spesies Amorphpophallus Titanium, diperkirakan akan mekar sempurna 2 hari lagi,” kata Holidi, dari Lembaga Peduli Puspa Langka, Kepahiang, Sabtu (11/1/2014).

Ia mengatakan, saat bunga yang mengeluarkan bau busuk itu mekar dengan sempurna hanya dapat bertahan selama satu hari. Setelah itu, kata dia, bunga itu akan kembali layu. Selain itu, lokasi tumbuhnya Bunga Bangkai tersebut merupakan kawasan penangkaran Bunga Bangkai dan Rafflesia yang selama ini telah banyak tumbuh.

”Disini memang kawasan tumbuhnya Bunga Bangkai, sedikitnya ada 6 Spesies. Tahun ini baru kali ini Bunga Bangkai mekar,” jelas dia.

Saat ini, lokasi tumbuh bunga bangkai itu sudah dibuat pagar pembatas, agar ketika pengunjung datang tidak langsung bersentuhan secara langsung. Selain itu, agar tidak merusak bunga tersebut. Lokasi penemuan bunga bangkai itu sekitar 150 meter dari jalan lintas Bengkulu – Kepahiang.(gie)

You may also like

Leave a Comment