oleh

1.185 Napi Bengkulu dapat Remisi 17 Agustus

Yusparuddin
Yusparuddin

kupasbengkulu.com – Kepala Divisi Kemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bengkulu, Yusparuddin mengatakan, dari Kanwil Kemenhukham Bengkulu telah mengusulkan ke Dirjen Pas dan Remisi Umum RI, untuk warga binaan atau Nara Pidana (Napi) di 3 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan 1 rutan di Bengkulu, guna mendapatkan remisi saat 17 Agustus mendatang.

Usulan tersebut, kata dia, sebanyak 1.185 Napi, 20 diantaranya menghirup udara bebas. Rinciannya, 113 napi berdasarkan PP 28 tahun 2006, 34 Napi berdasarkan PP 99 tahun 2012, Napi Pidana Umum (PU) I sebanyak 918 orang dan PI II atau bebas sebanyak 20 orang.

”Kita telah menyampaikan usulan ke Dirjen Pas dan Remisi Umum, untuk Napi di 3 Lapas dan 1 rutan di Bengkulu. Usulan itu belum tentu semuanya disetujui,” kata Yusparuddin, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/7/2014).

Ia menjelaskan, berdasarkan PP 28 tahun 2006, untuk usulan di Lapas Kelas IIA Bengkulu Napi sebanyak 46 orang, di Lapas Kelas IIA Curup Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 39 orang, Lapas Kelas IIB Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 5 orang dan di Rutan Manna sebanyak 23 orang, dengan total sebanyak 113 orang usulan.

Sementara usulan berdasarkan PP 99 Tahun 2012, lanjut Yusparddin, di Lapas Kelas IIA Bengkulu Napi sebanyak 14 orang, di Lapas Kelas IIA Curup Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 12 orang, Lapas Kelas IIB Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 4 orang dan di Rutan Manna sebanyak 23 orang, dengan total sebanyak 34 orang usulan.

”Remisi masa tahanan warga binaan, ada yang mendapatkan 15 hari potongan hingga 2 bulan potongan masa tahanan,” terang dia.

Yusparuddin menambahkan, untuk Remisi Umum I (TU), di Lapas Kelas IIA Bengkulu Napi sebanyak 342 orang, di Lapas Kelas IIA Curup Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 360 orang, Lapas Kelas IIB Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 134 orang dan di Rutan Manna sebanyak 82 orang, dengan total sebanyak 918 orang usulan.

Untuk Napi RU II atau langsung bebas, terang dia, di Lapas Kelas IIA Bengkulu Napi sebanyak 3 orang, di Lapas Kelas IIA Curup Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 9 orang, Lapas Kelas IIB Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 5 orang dan di Rutan Manna sebanyak 3 orang, dengan total sebanyak 20 orang usulan.

”Napi yang mendapatkan remisi merupakan napi yang telah menjalani masa tahanan diatas 6 bulan keatas,” demikian Yusparuddin.(gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed