oleh

150 Ha Areal Persawahan di Kepahiang Beralih Fungsi

Selain dialihkan, lahan sawah dibiarkan saja meyemak (1)
Areal persawahan di Kepahiang beralihfungsi

kupasbengkulu.com – Tidak kunjung berfungsinya irigasi ketapang yang peruntukannya mengaliri air sekitar 150 Hektare (Ha), lahan padi sawah di Desa Cirebon Baru dan Desa Kandang, Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang.

Sepertinya tidak memberikan pilihan kepada petani didua desa ini kecuali beralih usaha palawija, yakni ubi jalar dan jagung. Mirisnya, usaha atas dasar keterpaksaan ini, diketahui sudah berlangsung sekitar 4 tahun lalu.

” Tidak berfungsinya irigasi ketapang, setelah diterjang bencana longsor pada bagian hulunya sekitar 4 tahun yang lalu. Sejak saat itu pula, petani pemilik lahan usaha padi sawah yang bergantung pada irigasi tersebut berpikir, untuk meninggalkan jenis usahanya sementara waktu dengan menanam jenis tanaman palawija seperti jagung, ubi jalar dan kacang-kacangan,” sampai Kades Cirebon Baru, Hamzah, Sabtu (6/9/2014).

Karena irigasi ini tidak kunjung berfungsi sebagaimana mestinya, sebagai besar pemilik lahan akhirnya benar-benar meninggalkan jenis usaha aslinya dengan beralih ke usaha palawija.

“Warga kita sudah cukup bersabar menantikan irigasi ini dapat berfungsi kembali. Tetapi, yang diharapkan itu tidak juga pernah kunjung tiba hingga 4 tahun lamanya. Dari itu, selain dengan beralih jenis usaha, bahkan menjualnya, ada juga yang dibiarkan menyemak,” terang Hamzah.

Ditambahkan Hamzah, petani di dua desa ini pernah dibuai harapan oleh upaya perbaikan irigasi dari pihak terkait. Tepatnya setelah dilakukan survey dalam rangka mengatasi kendala air irigasi yang disebut-sebut tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan air lahan usaha padi sawah seluas seratusan hektar itu.

“Seingat saya saja. Ada tim dari provinsi yang melakukan survey terhadap irigasi kita itu. Katanya, jalan keluar untuk mengatasi kekurangan air irigasi dengan memindahkan sumber air yang sekarang ini tidak dapat dibuktikan,” keluh Hamzah menutup pembicaraan.(cr11)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

16 − fifteen =

News Feed