oleh

156 Pasien Operasi Katarak

156 Pasien operasi Katarak di BLUD RSUD Mukomuko, Rabu (19/2/2014).
156 Pasien operasi Katarak di BLUD RSUD Mukomuko, Rabu (19/2/2014).

kupasbengkulu.com – BLUD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko, yang bekerjasama dengan tim medis Spesialis Mata Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Sumatera Selatan. Rabu (19/2/2014) menggelar operasi katarak untuk warga Kabupaten Mukomuko. Adapun pasien yang positif operasi katarak dan pterigyum tersebut sebanyak 156 pasien. Dengan rincian, 114 pasien katarak dan 42 pterigyum.

”Operasi katarak ini, sudah kita lakukan sebanyak 3 kali. Ini kita lakukan untuk mengurangi tingkat kebutaan di Kabupaten Mukomuko, khususnya kaum lansia,” kata Bupati Mukomuko, Drs. H Ichwan Yunus, CPA, MM, Rabu (19/2/2014).

Ichwan mengatakan, untuk pasien katarak yang telah dioperasi secara gratis oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko telah mencapai 13 ribu pasien. Dalam operasi tersebut, kata dia, bukan hanya dari kalangan lansia namun pasien juga ada dari kalangan anak muda.

”Sudah banyak pasien katarak yang mengikuti operasi katarak,” jelas Ichwan.

Selain itu, tambah Ichwan, kondisi ini juga didukung oleh Ketua PKK Mukomuko. Hal ini ditandai pemeriksaan KIR dan penyerahan kaca mata secara gratis kepada kalangan lansia di seluruh desa di Kabupaten Mukomuko. Bahkan, lanjut Ichwan, saat ini dari Ketua TP PKK tengah menggalakkan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

”Kedepannya dari Pemda akan menggelar penyuluhan pengurangan angka pasien katarak,” demikian Ichwan.(gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed