oleh

351 Siswa SMKN 1 Kota Bengkulu Masuki Dunia Kerja

Wakil Walikota Bengkulu, Ir Patriana Sosialinda menyematkan tanda peserta Prakarin saat pelepasan di SMKN 1 Kota Bengkulu, Kamis (27/02/2014).
Wakil Walikota Bengkulu, Ir Patriana Sosialinda menyematkan tanda peserta Prakarin saat pelepasan di SMKN 1 Kota Bengkulu, Kamis (27/02/2014).

kupasbengkulu.com – Sebanyak 351 siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu, memasuki dunia kerja dan dilepas di 121 DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) untuk melakukan Praktek Kerja Industri (Prakarin) periode 1 Maret hingga 30 April 2014.

Acara pelepasan ini digelar di aula SMKN 1 Kota Bengkulu, pada Kamis (27/02/2014), dan dihadiri Wakil Walikota, Ir. Patriana Sosialinda, serta Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Gianto.

Para siswa yang akan mengikuti Prakarin berasal dari 6 jurusan, yakni jurusan Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Pemasaran, Usaha Perjalanan Wisata, Multimedia, serta Teknik Komputer dan Jaringan.

“Para siswa akan dibina sesuai bidang keahliannya masing-masing. Beberapa diantaranya akan ditempatkan di Universitas Bengkulu, Matahari Department Store, Bank Bengkulu, Digital Imagine Studio, dan Sriwijaya Air,” jelas Drs. Hj. Yendrianis, M.T.Pd., Kepsek SMK.N. 1 Kota Bengkulu.

Kurikulum yang ada di SMK pada dasarnya telah membekali siswa untuk langsung terjun ke dunia kerja, sehingga ke depannya lulusan dari SMK bisa dapat langsung bekerja atau membuka lapangan kerja sendiri, dan tetap dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Wakil Walikota Bengkulu, Ir. Patriana Sosialinda dan Kadis Dikbud Kota, Drs. Gianto, bersama siswa peserta Prakarin.
Wakil Walikota Bengkulu, Ir. Patriana Sosialinda dan Kadis Dikbud Kota, Drs. Gianto, bersama siswa peserta Prakarin.

“SMK dan Prakarin merupakan jawaban cerdas atas persoalan bangsa dalam menghadapi kemajuan zaman dan persaingan industri. Dilihat dari rangkaian pendidikannya, teori digabungkan dengan praktek, sehingga lulusan SMK ini lebih siap dalam bidang kerja yang mereka tekuni,” ujar Wakil Walikota Bengkulu, Ir. Patriana Sosialinda.

Tidak hanya itu, dalam acara ini juga dilaksananan penandatanganan MOU antara pihak sekolah dengan DUDI tujuan Prakarin.

Linda menambahkan, dirinya berharap melalui kegiatan Prakarin ini para siswa dapat lebih matang dalam menekuni bidang keahlian masing-masing. Kepada siswa SMP yang akan lulus juga dihimbau untuk nantinya dapat memilih SMK.

“Semoga setelah kegiatan Prakarin, para siswa dapat memiliki keahlian profesional dan berkompeten. Saya mengimbau kepada siswa SMP yang mungkin memiliki keinginan untuk masuk SMk, jangan pernah ragu untuk memilih SMK, karena banyak manfaat yang didapat dengan menempuh pendidikan di SMK,” demikian Linda. (val)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed