Jumat, April 19, 2024

Sumbangan Pendidikan pada Pembangunan

Tri Dina Ariyanti, M.Pd. Dosen Prodi Manajemen Universitas Dehasen Bengkulu
Oleh: Tri Dina Ariyanti, M.Pd.
Dosen Prodi Manajemen Universitas Dehasen Bengkulu

Pendidikan menduduki posisi sentral dalam pembangunan, karena sasarannya adalah peningkatan kualitas SDM. Oleh sebab itu, pendidikan juga merupakan alur tengah pembangunan dari seluruh sektor pembangunan.

Terdapat suatu kesan bahwa persepsi masyarakat umum tentang arti pembangunan lazimnya bersifat menjurus. Pembangunan semata-mata hanya beruang lingkup pembangunan material atau pembangunan fisik berupa gedung, jembatan, pabrik, dan lain-lain. Padahal sukses tidaknya pembangunan fisik itu justru sangat ditentukan oleh keberhasilan di dalam pembangunan manusia, dan yang terakhir ini menjadi tugas utama pendidikan.

Menurut paham umum kata “pembangunan” lazimnya diasosiasikan dengan dibangunnya pabrik-pabrik, jalanan, jembatan sampai kepada pelabuhan, alat-alat transportasi, komunikasi, dan sejenisnya. Sedangkan hal yang mengenai sumber daya manusia tidak secara langsung terlihat sebagai sasaran pembicaraan.

Esensi pembangunan bertumpu dan berpangkal dari manusianya, bukan pada lingkungannya seperti perkembangan ekonomi sebagaimana telah dikemukakan. Pembangunan berorientasi pada pemenuhan hajat hidup manusia sesuai dengan kodratnya sebagai manusia.

Mengapa pembangunan yang demikian dikatakan bertumpu pada dan bertolak dari manusia? Sebabnya, karena hanya pembangunan yang terarah kepada pemenuhan hajat hidup manusia sesuai dengan kodratnya sebagai manusia yang dapat meningkatkan martabatnya sebagai manusia.

Peningkatan martabat manusia selaku manusia yang menjadi tujuan final dari pembangunan. Tegasnya pembanguan apa pun jika berakibat mengurangi nilai manusiawi berarti keluar dari esensinya.
Jika pembangunan bertolak dari sifat hakikat manusia, berorientasi kepada pemenuhan hajat hidup manusia sesuai dengan kodratnya sebagai manusia maka dalam ruang gerak pembangunan, manusia dapat dipandang sebagai objek dan sekaligus juga sebagai subjek pembangunan.

Objek Sasaran
Sebagai objek pembangunan manusia dipandang sebagai sasaran yang dibangun. Dalam hal ini, pembangunan meliputi ikhtiar ke dalam diri manusia, berupa pembinaan pertumbuhan jasmani, dan perkembangan rohani yang meliputi kemampuan penalaran, sikap diri, sikap sosial, dan sikap terhadap lingkungannya, tekad hidup yang positif serta keterampilan kerja. Ikhtiar ini disebut pendidikan.

Potensi-potensi kebaikan yang perlu dikembangkan aktualisasinya seperti kemampuan berusaha, berkreasi, kesediaan menerima kenyataan, berpendirian, rasa bebas yang bertanggungjawab, kejujuran, toleransi, rendah hati, tenggang rasa, kemampuan bekerjasama, menerima, melaksanakan kewajiban sebagai keniscayaan, menghormati hak orang lain, dan seterusnya.

Manusia dipandang sebagai subjek pembangunan karena ia dengan segenap kemampuannnya menggarap lingkungannya secara dinamis dan kreatif, baik terhadap sarana lingkungan alam maupun lingkungan sosial/spiritual. Perekayasaan ini lazim disebut pembangunan.

Hasil penelitian di negara maju umumnya menunjukan adanya korelasi positif antara tingkat pendidikan yang dialami seseorang dengan tingkat kondisi sosial ekonominya. Semakin tinggi tingkat pendidikan yang dialami seseorang, semakin baik kondisi sosial ekonominya.

Hal ini lebih jelas bahwa hasil pendidikan dapat menunjang pembangunan dan sebaliknya hasil pembangunan dapat menunjang usaha pendidikan. Jelasnya, suatu masyarakat yang makmur tentu lebih dapat membiayai penyelenggaraan pendidikannya ke arah yang lebih bermutu.

Pendidikan merupakan usaha ke dalam diri manusia sedangkan pembangunan merupakan usaha ke luar dari diri manusia. Pendidikan menghasilkan sumber daya tenaga yang menunjang pembangunan dan hasil pembangunan dapat menunjang pendidikan (pembinaan, penyediaan sarana, dan seterusnya. @

Related

8 Keunggulan Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting

Semenjak pandemi beberapa tahun yang lalu, aktivitas seperti sekolah,...

Generasi Terbaru Thumbstick dari KontrolFreek®

JAKARTA – KontrolFreek® Indonesia, pencipta gaming gear terbaik hari...

Aplikasi Google Maps Sering Bikin Nyasar? Begini Solusinya

GOOGLE maps yang tidak akurat tentu akan menyulitkan akses...

Layanan WhatsApp dan Instagram Down hari ini

Aplikasi WhatsApp, dan sosial media Facebook serta Instagram dikabarkan...

Agar Smartphone Tidak Cepat Panas, Lakukan 10 Cara Ini

KITA  semuanya tentu tidak menginginkan, smartphone yang kita punyai...