oleh

Bupati Ikut Program KOTAKU

f
Bengkulu Selatan, Kupasbengkulu.com-Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud ikuti pembukaan sosialisasi nasional program penanganan kumuh berbasis masyarakat Tahun 2016.

Acara itu dihadiri oleh 87 Bupati dan perwakilan BAPPEDA serta Dinas PU seluruh Indonesia,  Rabu (27/04/2016).

Dalam prinsip dasar yang diterapkan dalam pelaksanaan Program KOTAKU adalah pemerintah daerah sebagai Nakhoda, pemerintah serta pemerintah desa/kelurahan memimpin kegiatan penanganan permukiman kumuh.

Perencanaan komprehensif dan berorientasi outcome (Pencapaian tujuan program) dan penataan permukiman diselenggarakan dengan pola pikir yang komprehensif, dan berorientasi pencapaian tujuan terciptanya permukiman layak huni sesuai visi kabupaten/kota.

Sinkronisasi perencanaan dan penganggaran rencana penanganan kumuh merupakan produk Pemda, sehingga mengacu pada visi kabupaten, kota dalam RPJMD.

Pembangunan partisipatif dengan memadukan perencanaan dari atas (Top-down) dan dari bawah (Bottom-up). Prinsip kreatif dalam penanganan permukiman kumuh adalah upaya untuk selalu mengembangkan ide-ide, dan cara-cara baru, dalam melihat masalah. Peluang yang sangat dibutuhkan dalam penanganan kumuh Tata Kelola Kepemerintahan yang Baik (Good governance).

Pemerintah daerah pemerintah desa, kelurahan dan masyarakat mampu melaksanakan dan mengelola pembangunan wilayahnya secara mandiri, dengan menerapkan tata kelola yang baik.

Investasi penanganan kumuh disamping harus mendukung perkembangan kota, juga harus mampu meningkatkan kapasitas dan daya dukung lingkungan.(ade)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed