oleh

Ada 14 Juta Lapangan Kerja di MEA 2015

Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

kupasbengkulu.com – Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mulai diberlakukan 2015 diperkirakan bakal menciptakan 14 juta lapangan kerja baru dan meningkatkan taraf hidup sekitar 600 juta penduduk di kawasan Asia Tenggara.

Studi ILO dan ADB baru-baru ini melihat MEA sebagai peluang bagi pergerakan tenaga kerja, barang, jasa, dan investasi yang lebih cair di kawasan Asia Tenggara.

Kajian itu menyebut MEA bisa mempercepat integrasi regional dan menyejahterakan semua negara di ASEAN.

Pada tahun 2015 diperkirakan jumlah lapangan kerja keterampilan tinggi akan naik 41 persen atau 14 juta, sementara lowongan kerja keterampilan menengah tumbuh 22 persen atau sekitar 38 juta, dan pekerjaan dengan keterampilan rendah naik 24 persen atau setara dengan 12 juta.

Dalam hal sektor pekerjaan, saat ini migrasi tenaga kerja di ASEAN masih berfokus kepada pekerjaan dengan keterampilan rendah dan menengah. Permintaan terbesar masih di seputar pekerjaan konstruksi, pertanian, dan pembantu rumah tangga.

Meskipun MEA menawarkan peluang lebih banyak lapangan pekerjaan, setiap pihak harus mewaspadai isu perlindungan dan pengelolaan buruh migran mereka di luar negeri, demikian ILO.

ANTARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

9 − 8 =

News Feed