Selasa, Maret 5, 2024

Akreditasi BAN PAUD dan PNF Dorong Kualitas Pendidikan Anak Sejak Dini

Akreditasi BAN PAUD dan PNF Dorong Kualitas Pendidikan Anak Sejak Dini

Wed, 12/13/2023 – 11:22

Malam Apresiasi Badan Akreditasi Nasional PAUD dan PNF Provinsi Bengkulu, Selasa, 12 Desember 2023, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar hadir sekaligus memberikan arahan pada Malam Apresiasi Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (BAN PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Provinsi Bengkulu Tahun 2023, Selasa, (12/12/2023) malam.

Dikatakan Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar, akreditasi lembaga pendidikan seperti BAN PAUD dan PNF merupakan proses validasi dari segala aspek yang dimiliki. Sehingga satuan pendidikan hendaknya memberikan informasi yang sebenar-benarnya terkait kinerja dan prestasi yang telah dicapai.

Terlebih dengan semakin kuatnya pengaruh negatif dari budaya luar terhadap anak saat ini, lembaga pendidikan PAUD dituntut untuk mampu mendidik dan mengarahkan anak sejak usia dini terkait nilai luhur bangsa berlandaskan pancasila dan norma agama yang kuat.

“Jadi dengan hadirnya akreditasi ini diharapkan masyarakat tahu persis tentang keberadaan kinerja PNF. Di samping itu PAUD juga diharapkan untuk terus meningkat kualitasnya untuk mendidik anak sejak dini dan utamanya dalam hal membekali karakteristik anak sehingga terjaga dari pengaruh negatif dunia global,” terang Khairil Anwar.

Lanjut Khairil Anwar, terhadap kegiatan akreditasi ini Pemprov Bengkulu mengajak semua pihak utamanya Pemda kabupaten/kota  melalui Bidang PAUD dan Operator Dapodik Dikbud, kepada Kemenenag kabupaten/kota melalui Kasi Pendidikan Dasar dan Madrasah, untuk mendukung penuh pelaksanaan akreditasi tersebut.

“Sehingga benar-benar membawa manfaat dalam upaya peningkatan mutu sekolah dan dijadikan motivasi peningkatan mutu PAUD dan PNF yang lebih kompetitif,” pungkasnya.

Diketahui, sebaran data satuan PAUD dan PNF di Provinsi Bengkulu tahun 2023 sebanyak 2.266 satuan dan yang telah terakreditasi hingga saat ini sebanyak 2.246 satuan PAUD dan PNF.

Editor: Firzani

Edukasi

 

Related

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta Maaf

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta...

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Jika Ini Terjadi

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...