Selasa, Mei 28, 2024

Atasi Kemiskinan Ekstrem, Pemdes Air Kasai Salurkan BLT-DD Tahap I

Atasi Kemiskinan Ekstrem, Pemdes Air Kasai Salurkan BLT-DD Tahap I

Fri, 05/03/2024 – 12:32

Kegiatan penyaluran BLT DD di Desa Air Kasai, Kecamatan Air Dikit, Kabupaten Mukomuko, Jumat, 03 Mei 2024, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Air Kasai, Kecamatan Air Dikit, Kabupaten Mukomuko menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap I tahun anggaran 2024. BLT diberikan kepada 28 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di kantor desa setempat, Jumat, (03/05/2024).

Kepala Desa Air Kasai Sofyan mengatakan, bantuan langsung tunai yang disalurkan pihaknya merupakan upaya pemerintah mengatasi kemiskinan ekstrem, terkhusus bagi sebagian warga Desa Air Kasai yang masuk dalam kriteria penerima manfaat.

“BLT ini bertujuan mengatasi beban masyarakat yang kurang mampu. Setiap KPM menerima BLT DD untuk tiga bulan dan per bulannya mereka menerima Rp300.000. Maka total yang diterima setiap KPM-nya sebesar Rp900.000,” kata Kades Air Kasai, Sofyan.

Kades menambahkan, BLT penanganan kemiskinan ekstrem ini sangat dibutuhkan oleh warga kurang mampu. Setidaknya, kata Kades, bantuan tersebut dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok atau primer keluarga penerima manfaat.

“Kebutuhan itu termasuk kebutuhan dasar di bidang makanan, air minum bersih, fasilitas sanitasi, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan, dan yang lainnya. Kades juga berharap, bantuan yang sudah disalurkan itu dapat dimanfaatkan dengan baik untuk keperluan keluarga sehari-hari.

“Karena bantuan ini tidak setiap hari disalurkan. Maka dari itu, gunakan uang BLT DD itu dengan baik. Belanjakan uang itu untuk hal yang bermanfaat bagi keluarga,” demikian pesan Kades.

Kegiatan penyaluran uang BLT DD Air Kasai, Kecamatan Air Dikit. Juga dihadiri dan disaksikan langsung Camat Air Dikit, Ketua BPD Air Dikit, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan seluruh perangkat desa setempat. (Wanti/adv)

Daerah 

Related

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap II

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap...

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM Berdaya Saing

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM...

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta ...

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas Ditolak Warga

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas...

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi SPBE

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi...