Kamis, Juni 13, 2024

Bahas 3 Raperda, Wabup Arie Tanggapi Pandangan Umum Fraksi-fraksi

Bahas 3 Raperda, Wabup Arie Tanggapi Pandangan Umum Fraksi-fraksi

Tue, 06/11/2024 – 21:19

Rapat paripurna DPRD Bengkulu Utara, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – DPRD Bengkulu Utara mengelar rapat paripurna jawaban eksekutif atas pandangan umum fraksi-fraksi terkait dengan tiga nota pengantar rancangan peraturan daerah, di ruang rapat paripurna DPRD Bengkulu Utara, Selasa (11/06/2024).

Agenda rapat membahas Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2023, Rencana pembangunan jangka panjang tahun 2025-2045 dan Penyelengaraan penanaman modal.

Dalam keteranganya, Wakil Bupati Arie Septia Adinata menyampaikan pemerintah kabupaten Bengkulu Utara terus berupaya mengoptimalkan peningkatan PAD dengan melakukan pemberdayaan, pembinaan  dan pioritas pembangunan masyarakat pada sektor kebudayaan dan wisata unggulan.

“Pemerintah sepakat apa yang menjadi pandangan umum fraksi-fraksi DPRD BU sebelumnya, demi percepatan pembangunan dan kesejahtraan masyarakat. Untuk itu pemerintah berkomitmen mempertanggungkawabkan penggunaan anggaran,” kata Wabup.

Wabup menjelaskan, terkait dokumen rencana pembangunan jangka panjang tahun 2025-20245 ini, pemerintah daerah sepakat dengan pandangan umum yang disampaikan dari fraksi PAN.

“Rencana pembangunan yang disampaikan oleh fraksi PAN ini selaras dengan program pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Maka itu kami menyepakati pandangan tersebut,” tuturnya.

Terkait kritikan pembangunan yang menjadi pokok – pokok pikiran Dewan, Arie menyebut hal tersebut telah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan  oleh Mendagri.

“Jika ada pergeseran hendaknya Anggota Dewan melalui Sekretariat dapat menyediakan data yang valid hingga bisa disamapaikan dengan pihak – pihak terkait,” ujarnya.

Kemudian menjawab pandangan fraksi NasDem tentang kekurangan dalam pelaksanaan MTQ, Wabup menjelaskan kekurangan pelaksanaan MTQ Ke-XXXVI kemarin akan menjadi PR bersama kedepannya.

“Masalah pembagian pengelolaan wilayah Alun-Alun antara dinas Pariwisata dan Dispora telah ditetapkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” pungkas Arie. (Adv)

Reporter: Repi Pratomo

Advertorial 

Related

Kondisi Terkini, Jalan Longsor di Desa Talang Ratu Sudah Bisa Dilalui Mobil

Kondisi Terkini, Jalan Longsor di Desa Talang Ratu Sudah...

Komisi III Tunda Sementara Raperda Penyertaan Modal Perumda PDAM

Komisi III Tunda Sementara Raperda Penyertaan Modal Perumda PDAM ...

Siap-siap! Bagi Masyarakat Seluma Nantikan Pantarlih Coklit ke Rumah Anda

Siap-siap! Bagi Masyarakat Seluma Nantikan Pantarlih Coklit ke Rumah...

Hanura Rekom Reskan Effendi untuk Pilbup Bengkulu Selatan

Hanura Rekom Reskan Effendi untuk Pilbup Bengkulu Selatan ...

Pandangan Umum LKPD TA 2023, 6 Fraksi Beri Catatan Kritis

Pandangan Umum LKPD TA 2023, 6 Fraksi Beri Catatan...