oleh

Banjir Bandang Momok Warga Aliran Sungai Ketahun

 KEtahun
Lebong, Kupasbengkulu.com– Hujan deras yang h mengguyur kawasan PT Pertamina Gheotermal Energy (PGE) Hulu Lais, menyebabkan banjir bandang di sebagian besar anak sungai dan Sungai Ketahun, Rabu (3/5/2016).

Sekitar pukul 19.30 WIB, aliran anak sungai yang bercampur lumpur di Kelurahan Mubai, menyebabkan pemukiman warga terancam terendam. Seperti yang terjadi di Desa Turan Lalang Kecamatan Selatan, permukaan sungai sudah naik ke badan jalan, yang menyebabkan arus lalu lintas tertutup total.

Reki (31) warga sekitar mengungkapkan, setiap kali hujan permukaan sungai naik drastis. Namun hari ini yang terparah. Debit air yang sangat tinggi tidak terbendung lagi, hingga naik ke badan jalan utama.

“Setiap hujan, permukaan sungai disini pasti naik. Tapi hari ini (Rabu-red) paling parah. Sungai yang bermuara ke Sungai Ketahun meluap hingga ke jalan utama,” jelas Reki.

Pantauan dilapangan tampak saat ini warga bersama personil TNI bahu-membahu membersihkan badan jalan,  agar segera bisa dilewati. Pukul 20.30 WIB, Bupati Rosjonsyah menyambangi lokasi,  untuk melihat langsung lokasi yang terkena dampak banjir bandang.

Warga sepanjang aliran Sungai Ketahun tak kalah panik. Mereka harap cemas, jika sewaktu-waktu Sungai Ketahun meluap. Bau lumpur di Sungai sudah tercium, walaupun permukaan air belum sampai ke pemukiman warga.

Penulis : Rendra Sutanto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed