Senin, Agustus 15, 2022

Belajar Menulis Pelajar Kota Bengkulu : Melirik Kehidupan Bocah di TPA untuk Bertahan Hidup

Baca selanjutnya

bocah
Bocah-bocah di TPA Air Sebakul mengais rezeki

kupasbengkulu.com – Sekiranya 15 menit sudah kami lewati bersama canda, tawa dan pembahasan seputar lokasi yang akan kami tuju dari kantor kupasbengkulu.com, hamparan pohon sawit dan jalanan berlubang menyambut kedatangan kami bersama aroma yang menusuk. Bukan aroma AC di lobi hotel, bukan aroma baju baru di kios bertingkat ataupun aroma roti manis di pusat perbelanjaan.

Tetapi aroma yang lebih menarik. Menarik untuk tangan terus mengelus dada, bibir yang mengobral dzikir dan mata yang tak berani berkedip menyaksikan apa yang terlihat sejauh mata memandang.

Disinilah kami, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Sebakul Kelurahan Sukarami Kota Bengkulu. Tak ada kata yang lebih sadis untuk kenyataan bahwa tempat ini, kumuh. Lalat-lalat yang asik berterbangan bersama teriknya hari siang ini membuatku tak sanggup membayangkan kehidupan segelintir orang di sekitar sini. Setiap hari mereka dihadapkan dengan warna-warni sampah, belum lagi bau busuk yang dengan senang hati menusuk dengan hanya satu kali hirupan.

” Kami sudah biasa dengan kondisi seperti ini, hampir 20 tahun kami tinggal disini. Dari tempat ini hanyalah jurang sedalam kira-kira 50 meter sampai hari ini,” aku ibu Sarti, salah satu warga yang tinggal di pinggiran gunung sampah, Minggu (7/9/2014).

Ibu Sarti hanyalah satu dari sekian orang yang mengais rezeki dari gunung sampah ini. Satu kenyataan, yang lagi-lagi membuat hati begitu kelu kala tangan kurus adik-adik kecil dengan begitu ikhlas ikut bersama orangtua mereka menaklukkan kerasnya hidup, menjamah sampah-sampah, bertarung dengan rasa jijik demi botol-botol atau plastik bekas yang begitu berharga bagi mereka.

”Aku tidak terganggu. Uangnya untuk jajan sekolah. Sehari bisa dapat sekitar sepuluh kilo yang kalau di uangkan sekitar Rp 15.000,” kata Reji, salah seorang dari sekian banyak anak yang mengais rezeki dari gunung sampah.

Mendengar pengakuanya begitu tulus semakin membuat rasa sesak yang menyelimuti ruang-ruang di hati kecilku bergejolak. Reji yang merupakan salah satu siswa Sekolah Menengah Pertama di desa Air Putih. Tak ada gurat kesedihan di wajahnya.

”Aku belum tahu mau jadi apa besar nanti!. Tapi, aku mau sekolah di kota. Kalau nanti ada uang,” ucap bocah itu.

Hari semakin terik, diujung jalan terlihat satu unit truk besar menuju lokasi pembuangan. Benar, satu gunungan kecil sampah menyapa tempat ini. Dari tempat truk menurunkan sampah pemulung berlari kecil dan antusias dengan kedatangan si truk sampah.

”Sampah ini diambil dari kelurahan masing-masing. Dalam sehari kami bisa membuang sampah dengan 20 motor dan 1 dum truk per harinya,” jawab petugas kebersihan yang juga tampak antusias menjawab pertanyaanku.

”’Kami senang kalian bisa datangi kami seperti ini. Ada yang mau tahu tentang dunia kami, pekerjaan kami, keseharian kami. Semoga kami bisa lebih diperhatikan,” lanjut petugas kebersihan itu.

Penulis : Vellia Paranta, SMAN 5 Kota Bengkulu.
Peserta Pelatihan ‘Menjadi Jurnalis Itu Menyenangkan’, yang dihelat Media Online kupasbengkulu.com.

Kanwil Kemenkumham Bengkulu Sosialisasikan Kekayaan Intelektual Manusia

Kupas News, Bengkulu – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Bengkulu Erfan mengatakan, kekayaan intelektual adalah hak yang...

54 Paskibraka Bengkulu Siap Kibarkan Merah Putih 17 Agustus Besok

Kupas News, Bengkulu – Setelah melalui seleksi dan pemusatan latihan, sebanyak 54 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bengkulu Tahun 2022 dikukuhkan Gubernur Rohidin...

Garda Rafflesia Minta APH Usut Proses Lelang Puskesmas Pondok Suguh

Kupas News, Bengkulu – Proses lelang Renovasi-Penambahan Ruang Persalinan Puskesmas Pondok Suguh Tahun 2022 di Dinas Kesehatan Mukomuko turut menjadi perhatian aktivis lembaga swadaya...

Polisi Temukan 24 Paket Ganja Dikontrakan Warga Kebun Ros

Kupas News, Kota Bengkulu - Prestasi ditorehkan kembali oleh Ditresnarkoba Polda Bengkulu yang berhasil mengungkap penyalahgunaan Narkoba dengan menangkap seorang tersangka berinisial MO (37)...

Kejuaraan Tenis Meja Bengkulu Resmi Ditutup

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah secara resmi menutup Kejuaraan Tingkat Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Tahun 2022 sekaligus menyerahkan...

Terbaru