oleh

Bengkulu Akan Jadi Rantai Pembangunan Bagian Barat Sumatera

Kedatangan Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono, disambut hangat Polisi Cilik saat menuju lokasi puncak HPN. (Foto: Istana)
Kedatangan Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono, disambut hangat Polisi Cilik saat menuju lokasi puncak HPN. (Foto: Istana)

kupasbengkulu.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Minggu (9/2/2014), melihat masyarakat Provinsi Bengkulu makin maju dan masyarakatnya makin sejahtera dibandingkan 18 tahun yang lalu, saat dirinya bertugas sebagai Pangdam II Sriwijaya.

Dikatakannya, suatu saat dan tidak lama lagi Provinsi Bengkulu akan menjadi rantai pembangunan dan konektivitas di bagian barat Sumatera yang akan membentang dari Lampung, Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh.

“Kemarin saya meninjau langsung peningkatan kapasitas Pelabuhan Laut Pulau Baai yang meningkat secara berarti (Significant), dan akan terus kita kembangkan konektivitas koridor wilayah Sumatera ini, mulai dari Pelabuhan Tanjung Priok, Bakauheuni, Pulau Baai, dan Teluk Bayur, terus sampai ke Aceh, akan ada lintas transportasi yang menggerakkan ekonomi di sepanjang bagian barat Pulau Sumatera,” papar Presiden, dalam sambutannya pada puncak penyelenggaraan HPN 2014 di Bengkulu.

Menurut dia, dengan peningkatan kapasitas di pelabuhan laut Bengkulu, maka komoditas yang dihasilkan Bengkulu, seperti batu bara, Crude Palm Oil (CPO), karet, kopi dan teh, itu bisa dipasarkan secara lebih ekonomis.

“Kemudian kita tahu setiap bulan sekarang ada kendaraan roda empat yang dipasarkan di wilayah ini, akan lebih murah harga satuan jualnya manakala transportasi laut telah dikembangkan dengan lebih baik,” tambahnya.

Selain itu, ungkap Presiden, transportasi darat sudah masuk dalam rencana untuk dikembangkan, demikian juga transportasi udara.

“Sehingga Bengkulu yang dulu dikenal terisolasi, Insya Allah sudah terbuka, mudah diakses (Accessible,red), dan bisa meningkat perekonomiannya,” harapnya.

Apalagi, kata dia, Menteri Perekonomian, Hatta Radjasa, menyampaikan akan ada eksplorasi minyak di lepas Pantai Bengkulu, jika berhasil maka akan meningkat lagi ekonomi di Bengkulu, dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

“Saya sudah sampaikan kepada Bapak Gubernur, Junaidi dan pimpinan yang bertugas di Bengkulu ini, teruslah berkreasi dan inovatif, untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan rakyat,” tandasnya.(coy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed