oleh

Berdayakan Tanaman Lokal, PKK Adakan Pembinaan ke Desa-desa

-Tak Berkategori-1 views

Pelatihan PKK

Kaur, kupasbengkulu.com – Untuk mendukung program Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Kaur, dalam menggalakan makanan yang berbahan baku lokal seperti tepung, ubi, pisang, dan lainnya PKK Kabupaten Kaur, juga ikut berpartisipasi, yakni dengan melakukan pembinaan rutin ke desa-desa, yakni PKK desa untuk membelikan pelatihan pembuatan kue dan makanan ringan dengan menggunakan bahan baku lokal yakni tepung mocaf, pisang, jahe dan sebagainya.

Salah satunya pembinaan di Desa Umbul Kecamatan Luas, masyarakat diberikan pembelajaran dalam mengolah bahan baku lokal ini menjadi makanan yang nantinya bisa dipraktekan untuk menambah penghasilan dan bisa membuka usaha sendiri.

“Kita mengadakan pembinaan kepada masyarakat supaya nantinya ilmu ini bisa mereka terapkan untuk menambah penghasilan mereka. Misalnya mereka kita bina untuk memasak praktek kue bolu pisang dari pisang dan tepung mocaf, serta cara membuat permen dari jahe, yang semua bahan bakunya dari tanaman lokal. Dan kegiatan sama juga kita lakukan di Desa Penyandingan Kecamatan Kaur Tengah yang dibina oleh Ketua Pokbin I Ny Elmy Nandar,” ungkap selaku Ketua Pokbin II PKK, Kamis (19/3/2015).

Rohina menambahkan, masyarakat atau kelompok PKK ini nantinya bisa menerapkan kepandaian mereka didalam masyarakat dan bisa membuat atau memproduksi makanan dari tanaman lokal ini dengan berkelompok atau perorangan. Selain meminimalisir penggunaan bahan baku luar daerah juga dengan menggunakan bahan baku lokal mereka ikut mensejahterakan masyarakat petani.
Mungkin selama ini tanaman pisang, ubi, dan jahe hasilnya hanya dimakan untuk kebutuhan rumah tangga saja, dan sekarang mereka sudah bisa menjual tanaman tersebut yang tentukan akan menambah penghasilan petani juga.(mty)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

six + 14 =