oleh

Berlubang, Jalinbar Sumatera di Bengkulu Picu Lakalantas

kupasbengkulu.com- Kondisi kerusakan di ruas Jalan Lintas Barat Sumatera (Jalinbar) di Provinsi Bengkulu memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas (Lakalantas).

Ruas Jalinbar Sumatera yang rusak tersebut terlihat di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Desa Kerkap, Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara.

“Kebanyakan yang jadi korban Lakalantas adalah pengendara sepeda motor yang masuk ke lubang jalan. Apalagi kalau musim hujan, lubang jalan yang rusak tergenang air menyebabkan pengendara terjebak,” kata Sumiyati, warga Desa Kerkap, Sabtu (21/12/2013).

Kerusakan jalan yang parah ini, kata dia, kebanyakan berada di jalur kanan jalan dari arah Kota Bengkulu. Jalan yang berada di jalur kanan ini setiap harinya dilalui angkutan truk batu bara yang bertonase tinggi.

Sementara itu, salah seorang sopir angkutan batu bara, Rustam, 3o tahun, mengaku kerusakan jalan ini membuat dirinya kesulitan dalam berkendara. Untuk menghindar jalan berlubang, terpaksa memakan jalur berlawanan arah.

“Saat mengambil jalur lawan inilah terkadang kepergok dengan pengendara motor yang berkecepatan tinggi. Kalau tidak berhati-hati bisa saja beradu kambing, soalnya kalau kami memaksakan jalan di jalan berlubang mobil kami bisa terbalik. Sudah banyak kejadian Lakalantas, bahkan menimbulkan korban jiwa akibat jalan berlubang ini,” tuturnya.(coy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed