oleh

BI Sebut Bengkulu Daerah Berdaya Saing Rendah di Indonesia

Peta Bengkulu
Peta Bengkulu

kupasbengkulu.com – Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, Dody Zulverdi, Kawasan dengan daya saing terendah terjadi di Papua, Bengkulu, Maluku, Nusa Tenggara, Kalimantan Tengah, Jambi, dan Bangka Belitung.

Menurut Dody, rendahnya daya saing di Indonesia Timur ini perlu diselesaikan untuk menyelesaikan ketimpangan ekonomi di berbagai wilayah Indonesia. “Ketimpangan ekonomi dan daya saing ini juga berdampak pada ketimpangan pendapatan,” katanya yang dikutip tempo.co, Rabu (19/2/2014).

Daya saing antar-daerah atau provinsi di Indonesia masih terpusat di sekitar Pulau Jawa. Daya saing tertinggi juga terjadi di Kalimantan Timur dan Riau.

“Daya saing tertinggi di Pulau Jawa terjadi atas dasar faktor stabilitas makro, institusi pemerintah dan tenaga kerja yang membuatnya menjadi unggul,” katanya di Gedung Bank Indonesia, Selasa, 18 Februari 2014.

Dody mengatakan daya saing dengan tingkat menengah terjadi di 13 provinsi, antara lain Sulawesi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Palembang, dan Lampung. Menurut Dody, 10 provinsi dengan daya saing terendah ada di Indonesia Timur.

Ia mengatakan lemahnya daya saing itu terjadi akibat masalah infrastruktur dan juga masalah stabilitas perekonomian.(kps)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed