oleh

BPS: Ekonomi Bengkulu Melambat

Kepala BPS, Aden Gultom
Kepala BPS, Aden Gultom

Kota Bengkulu, kupasbengkulu.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu merilis data pertumbuhan ekonomi daerah pada triwulan I tahun 2016. Diketahui, ekonomi Bengkulu tumbuh sebesar 4,99 persen.

“Jumlah ini mengalami perlambatan jika dibandingkan dengan triwulan I pada tahun 2015 lalu, yakni mencapai 5,29 persen,” ujar Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Aden Gultom, Rabu (04/05/2016).

Dia mengatakan pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha pengadaan listrik dan gas, yakni 8,17 persen. Sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga sebesar 1,05 persen.

Sementara itu, struktur ekonomi Provinsi Bengkulu berdasarkan harga berlaku pada triwulan I tahun 2016 ini masih didominasi oleh lapangan usaha pertanian, perdagangan besar dan eceran, serta lapangan usaha administrasi pemerintahan.

“Ketiga lapangan usaha ini juga tidak banyak mengalami perubahan, di mana pertanian memiliki peranan besar mencapai 30,2 persen, perdagangan besar dan eceran sebesar 13,66 persen dan administrasi pemerintahan memiliki peranan sebesar 9,67 persen,” tutupnya. (bii)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed