oleh

Buka Posko Pengaduan, Ombudsman Harap Partisipasi Masyarakat

Ujian Nasional

KUPASBENGKULU.COM- Tahun ini Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu kembali mengawasi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dengan membuka posko pengaduan dan turun langsung ke beberapa sekolah. Seperti diketahui, Pemerintah melalui Kemendikbud pada UN tahun 2015 ini menginisiasi dengan sistem Computer Based Test (CBT) di beberapa sekolah dengan tujuan mengatasi kecurangan serta efisiensi penyelenggaraan UN.

“Provinsi Bengkulu sendiri belum menggunakan sistem CBT, masih sistem manual yakni Paper Bassed Test atai PBT. Sehingga penyelenggaraan UN tahun ini tidak terlalu berbeda dengan tahun lalu,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bengkulu, Herdi Puryanto, SE, Minggu (12/4).

Dijelaskan Herdi, untuk pemantauan ke sekolah-sekolah pihaknya tetap memperhatikan Pos UN 2015 yang dikeluarkan Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP).Sedangkan posko pengaduan di buka di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu, jalan Nusa Indah.

“Selain datang langsung, pelaporan bisa dilakukan melalui telp dan fax di nomor (0736) 20730 serta sms di nomor 08117301144,” terang Herdi.

Selain itu, menurut Herdi pihaknya sangat berharap kontribusi dari media, organisasi kemasyarakatan serta tokoh masyarakat untuk ikut serta mengawasi pelaksanaan UN. Informasi atau laporan kecurangan UN yang ditindaklanjuti dan diselesaikan Ombudsman akan disatukan secara Nasional untuk disampaikan kepada Pemerintah sebagai bahan perbaikan kedepan.

“Penyelenggaraan UN yang jujur mencetak lulusan yang berkualitas,” ungkapnya.
Herdi menambahkan pengawasan UN yang dilakukan pihaknya juga menyangkut non teknis. Seperti misalnya ada siswa-siswi yang tidak mengikuti UN 2015 karena kebijakan yang salah dari pihak sekolah atau tidak sesuai dengan aturan pemerintah.

“Tahun lalu Kita menangani masalah 55 orang santri tingkat Wustha yang tidak dapat mengikuti UN. Hal seperti itu juga masuk dalam lingkup pengawasan Ombudsman,” tutup Herdi.(**)

Rilis Ombudsman Perwakilan Provinsi Bengkulu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

18 + 17 =

News Feed