Kamis, Juni 13, 2024

Bulog Tak Beli Beras Petani alasan Mahal

illustrasi
illustrasi

kupasbengkulu.com – Kepala Seksi Perencanaan dan Pengembangan Usaha Bulog Divre Bengkulu, Hari Astaguna, mengatakan hingga saat ini pihaknya belum membeli beras dari petani Bengkulu untuk stok gudang. Hal ini dikarenakan para petani menjual beras di luar harga yang diatur menurut Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2015 tentang Harga Pembelian Pemerintah (HPP) beras dan gabah.

“Kami sudah tiga bulan terakhir tidak membeli beras dari petani. Harga jual beras di tingkat petani masih sangat tinggi, sedangkan menurut Inpres nomor 5 tahun 2015 membatasi harga beli maksimal hanya Rp 7.300 per kilogram,” ujar Hari, Jumat (17/04/2015).

Menurut HPP tersebut harga pembelian Gabah Kering Panen (GKP) di tingkat petani, dengan kadar air maksimum 25 persen adalah Rp 3.700 per kilogram. Sedangkan pembelian GKP di penggilingan dihargai Rp 3.750 per kilogram.

Sementara harga pembelian Gabah Kering Giling (GKG) di penggilingan adalah Rp 4.600 per kilogram, dan dijual kepada Bulog dengan persyaratan-persyaratan tertentu seharga Rp 4.650 per kilogram. Sedangkan HPP beras sampai di depan gudang Bulog seharga Rp 7.300 per kilogram.

Hari mengatakan diprediksi harga jual beras di tingkat petani Bengkulu akan normal sekitar akhir bulan April, karena di Bengkulu sudah mulai terjadi panen raya.

“Saat ini kita masih mendatangkan beras dari pulau Jawa. Kita masih tetap menyalurkan beras raskin dan berharap harga beras dari petani segera normal kembali,” tandasnya. (val)

Related

Kondisi Terkini, Jalan Longsor di Desa Talang Ratu Sudah Bisa Dilalui Mobil

Kondisi Terkini, Jalan Longsor di Desa Talang Ratu Sudah...

Komisi III Tunda Sementara Raperda Penyertaan Modal Perumda PDAM

Komisi III Tunda Sementara Raperda Penyertaan Modal Perumda PDAM ...

Siap-siap! Bagi Masyarakat Seluma Nantikan Pantarlih Coklit ke Rumah Anda

Siap-siap! Bagi Masyarakat Seluma Nantikan Pantarlih Coklit ke Rumah...

Hanura Rekom Reskan Effendi untuk Pilbup Bengkulu Selatan

Hanura Rekom Reskan Effendi untuk Pilbup Bengkulu Selatan ...

Pandangan Umum LKPD TA 2023, 6 Fraksi Beri Catatan Kritis

Pandangan Umum LKPD TA 2023, 6 Fraksi Beri Catatan...