Sabtu, November 27, 2021

Bunda Jennita Sampaikan Empat Fungsi PKK

Baca selanjutnya

Yennita Fitriani
Yennita Fitriani

kupasbengkulu.com – Peringatan Hari Kesatuan Gerakan PPK ke 42 Tahun 2014 berlangsung meriah. Tema yang diangkat pada acara tersebut,”Dengan Hari Kesatuan Gerakan PPK ke-42 Kita Perkuat Ketahanan Keluarga Sebagai Wujud Persatuan dan Kesatuan Bangsa” .

Makna dari yang dapat dipetik pada tema Hut PKK ke-42 adalah untuk mewujudkan ketahanan keluarga dalam menghadapi situasi politik serta mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan bangsa meski ada perbedaan ideologi dalam berpolitik.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkulu Utara,Provinsi Bengkulu.Hj Yenita.

Jenita menegaskan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-42 tidak sekedar untuk menciptakan kemeriahan sesaat. Tetapi yang lebih penting adalah memberikan makna dan ungkapan rrasa syukur atas kiprah dan karya nyata Gerakan PPK di BU.

Dampak dari peringatan semacam ini lanjut Jenita adalah memberikan motivasi dan semangat bagi kader PKK agar tetap terus giat melaksanakan tugas dan fungsi yang utama dengan memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.

Selain itu,ia juga mengatakan ada empat fungsi peran serta dari Tim Penggerak PKK sebagai Mitra Pemerintah dan merupakan salah satu unsur pelaku pembangunan dalam upaya pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Adapun keempat fungsi itu adalah TP PKK perlu memahamai tentang hakekat pemberdayaan masyarakat agar bentuk kegiatan pemberdayaan keuarga yang dikembangkan senantiasa berkaittan denga aspek-aspek pemberdayaan masyarakat yang diharapkan.

Lalu,PKK dituntut memahami program-program sosial dasar masyararkat,agar dapat mengembangkan berbagai bentuk dan jenis kegiatan pemberdayaan keluarga sesuai demngan kebutuhan masyarakat.

Kemudian lagi lanjutnya,PKK perlu memahami manajemen pembangunan partisipasif sebagai salah satu strategi pemberdayaan masyarakat,sehingga dapat mengembangkan kesejahteraan keluarga dan sikap demokrasi dalam keluarga. Yang teraJajarran Tim PKK perlu juga memahamai kedudukan,peran dan fungsi dalam pemberdayaan masyarakat, serta berkoordinasi dan memadukan gerak langkah program yang dilaksanakan.

“Saya banyak mengucapkan ucapan terima kasih kepada semua Ibu-ibu di Bengkulu Utara ini. Keberhasilan yang didapati bukan kerja individu. Akan tetapi keberhasilan itu atas kerja sama yang baik dari semua PKK yang ada di Kecamatan. Keberhasilan pembangunan tidak lepas peran penting dari kaum ibu-ibu,”pungkas Bunda. (jon)

Teguh Santosa: ASEAN adalah Kawasan Paling Stabil

Kupas News – Organisasi negara-negara Asia Tenggara, ASEAN, merupakan salah satu organisasi kawasan yang paling stabil dan dinamis dan diyakini dapat menjadi model bagi...

Usin Sebut Penunjukan Kodrat Shah Langkah Tepat Partai Hanura

Kupas News – Partai Hanura resmi memiliki sekretaris jenderal baru setelah Dewan Pimpinan Pusat Hanura (DPP-HANURA) menetapkan Kodrat Shah sebagai sekretaris jenderal definitif. Penunjukan...

Himpitan Ekonomi Penyebab IRT Tenggak Racun Hingga Tewas

Kupas News – Seorang ibu berinisial NU (50) warga Desa Pajar Bulan, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, nekat mengakhiri hidupnya dengan cara minum racun...

Sidak SPBU, Yuliswani: Keterlambatan Pasokan Akibat Cuaca Alam

Kupas News – Asisten II Setda provinsi Bengkulu Yuliswani melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Bengkulu,...

Kejurda Tenis Meja Bengkulu Saring Bibit Atlit Nasional

Kupas News – Gubernur Rohidin Mersyah resmi membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tenis Meja Provinsi Bengkulu 2021 di Balai Buntar Bengkulu, Jumat, (26/11). Kejurda ini dilaksanakan...

Terbaru