oleh

Bupati Targetkan Seluma Lumbung Padi

-SELUMA-3 views

Prw sep 1
Seluma, kupasbengkulu.com – Tiga Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di kabupaten Seluma, telah menghasilkan beras lokal yang berlabel gapoktan Kabupaten Seluma.

Ketiga gapoktan tersebut, Gapoktan Panca Karya di Desa Padang Genting, dengan hasil beras lokal berlabel gapoktan ‘Rase Beras Seluma’, Gapoktan Rimbo Jaya Desa Rimbo Kedui Kecamatan Seluma Selatan menghasilkan beras lokal berlabel Beras Seluma dan Gapoktan Bunda, di Desa Lubuk Gio Kecamatan Talo, menghasilkan beras lokal berlabel Seluma dan diberi nama beras Bunda.

”Kita akan terus melakukan pembinaan, bantuan akan terus kita berikan, seperti mesin perontok padi dan penerimaan pupuk subsidi,” kata Kadis Pertanian Perternakan dan Perkabunan, Kabupaten Seluma, Rusman melalui Kabid Pertanian Midi Hermanto.

Prw sep 2

Dia menjelaskan, sejak dibangunnya bendungan air Seluma, Kabupaten Seluma yang dulunya masih bergabung dengan Bengkulu Selatan merupakan lumbung padi, bagi Provinsi Bengkulu. Namun, sempat mengalami penurunan karena banyaknya permasalahan yang timbul dari tahun ketahun disetiap wilayah Kabupaten Seluma.

”Semua ini tidak terlepas dari kerja keras Bupati Seluma, kita tim tehknis hanya menjalankan tugas sebagai mana mestinya sesuai petunjuk beliau,” jelas Midi.

Berdasarkan petunjuk Bupati Seluma, kata Midi, Dinas Pertanian mengedepankan Program ketahanan pangan dibandingkan pengembangan holtikultura.

”Hanya dibeberapa titik saja ada pengembangan holtikultura seperti pepaya Calipornia semangka dan ‘Terung Jupe’, kita lebih kepada program ketahanan pangan,” beber Midi.

Dia mengharapkan, agar petani yang mempunyai permasalahan di lahan persawahan dapat secepat mungkin melaporkan kepada petugas pemantau hama, yang berada dimasing-masing kecamatan.

”Kalau ada permasalahan hama segera melapor ke petugas kita di dinas menyediakan obat, kalau tidak melapor ke petugas kita tidak mengetahui apa permasalahnnya,” tegas Midi.

Prw sep 3

Midi menjelaskan, pihak dinas selalu melakukan monitoring keseluruh Gapoktan guna mengetahui permasalahan yang dihadapai petani.

”Petugas selalu siap menerima laporan, jangan merasa takut melapor supaya permasalahan bisa diatasi,” kata Midi.

Hal ini dilakukan, kata Midi, demi tercapainya target Bupati Seluma untuk menjadikan Kabupaten Seluma, menjadi Lumbung Padi Provinsi Bengkulu

”Dengan kerja keras bersama, dibawah kepemimpinan pak Bupati insyaallah, seluma menjadi lumbung padi Provinsi,” demikian Midi.(cee/prw)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 × four =

News Feed