oleh

Calon Jemaah Haji Kota Mayoritas Idap Hipertensi

Cek kesehatan haji kota

kupasbengkulu.com – Berdasarkan pemeriksaan kesehatan Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Bengkulu di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota diketahui mayoritas CJH tersebut mengidap Hipertensi. CJH Kota Bengkulu berjumlah 241 orang, pemeriksaan kesehatan itu dilaksanakan sejak Senin (11/8/2014) lalu. Hingga hari ini, Kamis (14/8/2014) tercatat 226 CJH telah menjalani pemeriksaan.

Kepala Dinkes Kota, Edriwan Mansyur, mengatakan, bahwa penderita hipertensi itu didominasi oleh CJH yang telah uzur berumur diatas 60 tahun. Meski demikian pihaknya telah memberikan obat untuk menurunkan tekanan darah. Hipertensi adalah kondisi meningkatnya tekanan darah. Peningkatan itu menyebabkan jantung harus bekerja maksimal dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

“CJH Kota Bengkulu ini umumnya berusia 40 tahun keatas, jadi memang kami menemukan gejala-gejala penyakit yang berhubungan dengan kondisi usia lanjut itu. Karenanya perlu penanganan khusus,” kata Edriwan.

Hal serupa diungkapkan Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kota, Zulkarnain Zailan menjelaskan terdapat 4 CJH Kota yang mengidap Hipertensi akut yang memerlukan penanangan khusus. Karenanya pihak Dinkes belum memberikan suntikan vaksin Menengitis pada ke-empat CJH itu.

“Jemaah yang mengidap Hipertensi lumayan banyak, tapi yang kondisinya bisa dikatakan menghawatirkan ada empat. Oleh karena itu kami kami belum memberi suntikan vaksin pada keempat orang itu karena tekanan darahnya harus diturunkan dulu hingga dalam kondisi normal. Kami harap itu bisa dilaksanakan, sehingga mereka dapat menjalankan ibadah haji tahun ini,” demikian Zulkarnain.(beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

four × four =

News Feed