Beranda DAERAH BENGKULU Camat Kota Arga Makmur Buka Pelatihan Pengelolaan Aset Berbasis Aplikasi SIPADES

Camat Kota Arga Makmur Buka Pelatihan Pengelolaan Aset Berbasis Aplikasi SIPADES

0
Camat Kota Arga Makmur Buka Pelatihan Pengelolaan Aset Berbasis Aplikasi SIPADES

Camat Kota Arga Makmur Buka Pelatihan Pengelolaan Aset Berbasis Aplikasi SIPADES

Fri, 05/17/2024 – 19:10

Pemdes Kota Arga Makmur saat melaksanakan pelatihan pengelolaan aset desa berbasis aplikasi SIPADES (Sistem Informasi Pengelolaan Aset Desa) pada tahun 2024, Kamis, 16 Kamis 2024, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Pemdes Desa Gunung Selan, Kecamatan Kota Arga Makmur, Bengkulu Utara melaksanakan pelatihan pengelolaan aset desa berbasis aplikasi SIPADES (Sistem Informasi Pengelolaan Aset Desa) pada tahun 2024 bagi Aparatur Desa, Kamis (16/05/2024).

Di katakan Kepala Desa Amir Hamzah bahwa kegiatan pengelolaan aset desa berbasis aplikasi SIPADES ini merupakan langkah tepat dalam upaya meningkatkan efisiensi dan transparansi manajemen aset di tingkat desa.

“Aplikasi SIPADES ini biasanya dirancang untuk membantu pemerintah desa dalam mengelola inventarisasi, pemeliharaan, dan pemanfaatan aset-aset desa secara lebih terstruktur dan efektif,” kata Kades.

Camat Kota Arga Makmur Syafaruddin menambahkan ada beberapa mekanisme yang dipelajari dalam pelatihan ini, salah satunya aplikasi pelaporan dan analisis.  

Aplikasi ini menyediakan fitur pelaporan yang memungkinkan pemerintah desa untuk melacak kinerja pengelolaan aset, serta melakukan analisis perencanaan jangka panjang.

“Dengan mengadopsi aplikasi SIPADES, diharapkan pengelolaan aset desa dapat menjadi lebih efisien, transparan, dan akuntabel, serta mendorong pertumbuhan dan pembangunan yang berkelanjutan di tingkat lokal,” kata Camat.

Camat berharap pelatihan ini dapat menambah pemahaman aparatur desa tentang aplikasi SIPADES, karena aplikasi tersebut terintegrasi oleh sistem pusat, di mana sistem memungkinkan pengumpulan data yang lebih komprehensif dan analisis lintas-tingkat yang lebih efektif.

“Pelatihan ini meningkatkan kapasitas dan pengetahuan perangkat desa dalam tata kelola aset berbasis aplikasi, diharapkan pengelolaan aset desa bisa lebih maksimal, akuntabel dan transparan,” demikian Camat.

Reporter: Repi Pratomo

Daerah