oleh

Cek Emisi Kendaraan, Iskandar : untuk Menghitung Pencemaran Udara

Salah satu mobil tengah di cek emisi buang
Salah satu mobil tengah di cek emisi buang

kupasbengkulu.com – Pemeriksaan emisi gas buang kendaraan bermotor dilakukan kementerian Lingkungan Hidup RI melalui Balai Lingkungan Hidup Provinsi Bengkulu di halaman gedung Balai Buntar Kota Bengkulu, Selasa (26/08/2014).

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bengkulu, Iskandar Z O mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna memantau kualitas udara di Bengkulu.Selain itu, untuk menilai dan mengevaluasi emisi gas buang dari kendaraan.

”Setelah kita cek dengan menggunakan alat, baru diketahui tingkat emisi gas buang dari kendaraan tersebut. Jika kendaraan tersebut tidak lulus uji maka kita menyarankan kepada pemilik untuk diperiksa ke bengkel,” kata Iskandar, Selasa (26/8/2014).

Uji emisi, lanjut Iskandar, berlangsung selama 3 hari, yang terdapat di 3 titik hari pertama di halaman Balai Buntar, hari kedua di halaman uji KIR Dishub Kota dan hari ketiga di Terminal Sungai Hitam.

”Kita akan uji emisi gas buag ini menargetkan 1.500 kendaraan. Kendaraan yang telah selesai kita periksa akan ditempel dengan stiker,” terang Iskandar.

Selain itu, tambah dia, setiap tahun terus memeriksa tingkat pencemaran udara, dari emisi gas buang karena tiap tahun tingkat pencemaran berubah, seiring bertambahnya jumlah dan usia kendaraan.

”Setelah 3 hari pengecekan emisi gas buang kendaraan ini, nanti kita dapat menghitung tingkat pencemaran udara di Bengkulu,” demikian Iskandar.(tea)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

twenty + 17 =

News Feed