Selasa, Juni 18, 2024

Dana Anugerah : Lewat Dol Tunjukkan Budaya Bengkulu ke Internasional

Ketua Yayasan Fatmawati  Soekarno (YFS) Pusat, Dana Anugerah Raffliansyah, Sabtu (22/03/2014), di Panggung Merdeka, View Tower.
Ketua Yayasan Fatmawati Soekarno (YFS) Pusat, Dana Anugerah Raffliansyah, Sabtu (22/03/2014), di Panggung Merdeka, View Tower.

kupasbengkulu.com – Memperingati haul 91 Ibu Fatmawati, Yayasan Fatmawati Soekarno (YFS) menggelar Lomba Dol dan Tari Kreasi Tabut. Perlombaan ini diselenggarakan di Panggung Merdeka Bencoolen-View Tower Provinsi Bengkulu, Sabtu (22/03/2014).

Dijelaskan Ketua YFS Pusat, Dana Anugerah Raffliansyah, bahwa melalui perlombaan ini untuk mengingatkan kembali masyarakat Bengkulu perlunya melestarikan budaya Bengkulu.

Hal ini, kata dia, sesuai dengan tema yang diusung Yayasan Fatmawati Soekarno (YFS) ini, ” Jangan melupakan sejarah dan lestarikan, kembangkan, dan manfaatkan warisan budaya tak benda menuju Bengkulen Kota Wisata”.

” Target kita sebenarnya tidak hanya menyadarkan tapi juga mengingatkan secara berkala kalau dol ini budaya Bengkulu yang pantas, perlu dan wajib kita tunjukkan ke provinsi lain bahkan luar negeri internasional,” kata Dana.

Diakuinya, dol dan Tari Kreasi Tabut merupakan budaya yang harus dilestarikan. Tarian-tarian daerah Bengkulu punya warna-warni, ornamen-ornamen yang menarik dan pakaian para penabuh dol yang sangat bagus.

“Setiap tahun Yayasan Fatmawati selalu memperingati Haul untuk Ibu Fatmawati setiap tanggal 5, biasanya kita hanya menampilkan miniatur dari Bengkulu seperti Benteng Malabero,” jelas Caleg DPR RI Dapil Bengkulu dari PDI Perjuangan ini.

Tahun ini diselenggarakannya dol dan Tari Kreasi Tabut karena supaya bisa jadi jembatan komunikasi yang bersifat kreatif untuk menghidupkan budaya.(yee)

Related

Soal Wakil, Teddy Rahman Tunggu Gustianto Pulang Haji

Soal Wakil, Teddy Rahman Tunggu Gustianto Pulang Haji ...

Belum Pasti Dampingi Erwin, Jonaidi: Bisa dengan Teddy, Masih Terbuka

Belum Pasti Dampingi Erwin, Jonaidi: Bisa dengan Teddy, Masih...

Tidak Blokir Konten Dewasa, Indonesia Akan Blokir X

Tidak Blokir Konten Dewasa, Indonesia Akan Blokir X ...

Prabowo Bantak Bakal Naikan Rasio Utang hingga 50 Persen dari PDB

Prabowo Bantak Bakal Naikan Rasio Utang hingga 50 Persen...

Rakernas III JMSI Digelar di Kalimatan Timur

Rakernas III JMSI Digelar di Kalimatan Timur ...