oleh

Dewan Kota Usulkan Penambahan Fraksi

Ketua Dewan Kota Bengkulu Sementara, Reni Heryanti dan Wakil Ketua Sementara, Yudi Dharmawansyah saat sidang Paripurna Internal, Senin (25/8/2014).
Ketua Dewan Kota Bengkulu Sementara, Reni Heryanti dan Wakil Ketua Sementara, Yudi Dharmawansyah saat sidang Paripurna Internal, Senin (25/8/2014).

kupasbengkulu.com – Sejak dilantik pada 21 Agustus 2014, 35 dewan Kota Bengkulu periode 2014-2019 mulai melaksanakan tugasnya sebagai wakil rakyat. Pada periode kali ini terjadi perubahan jumlah anggota dewan sebab pada masa bakti 2009-2014 lalu hanya terdapat 30 anggota dewan yang terbagi dalam 6 fraksi.

Karenanya tadi siang, Senin (25/8/2014) digelar rapat paripurna internal, salah satunya membahas pembentukan penambahan fraksi menjadi 9 fraksi. Dikatakan Ketua Dewan Kota Bengkulu Sementara, Reni Heryanti, berdasarkan aturan terbaru untuk membentuk suatu fraksi satu partai minimal memiliki tiga kursi.

“Ada perubahan aturan, kalau dewan periode sebelumnya satu fraksi minimal empat kursi dalam satu partai. Di periode kali ini tiga kursi cukup untuk membentuk satu fraksi. Karenanya, dari usulan sembilan fraksi yang kami bahas tadi, delapan fraksi merupakan fraksi penuh. Sedangkan satu fraksi merupakan fraksi gabungan,” kata Reni.

Delapan fraksi penuh itu terdiri dari Fraksi Nasional Demokrat (NasDem) yang memiliki 5 kursi, Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 5 Kursi, Fraksi Keadilan Sejahtera (PKS) yang terdiri dari 4 kursi, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) juga terdiri dari 4 kursi. Kemudian ada Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebanyak yang terbentuk dari 3 kursi, Fraksi Golkar 3 kursi, Fraksi Demokrat 3 kursi, serta Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang juga berhasil meraih 3 kursi.

Sementara Fraksi Gabungan terdiri dari gabungan perolehan kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yakni 2 kursi, Partai Bulan Bintang (PBB) 1 kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 1 kursi, serta Partai Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang juga mendapatkan 1 kursi. (beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 × 3 =

News Feed