oleh

Diduga Diracun, Sapi Warga Manna Mati Mendadak

Sapi mati diracun

kupasbengkulu.com – Diduga diracun, seekor sapi milik Tarmizi (55) warga Jalan Veteran, Kelurahan Padang Kapuk, Kota Manna ditemukan mati mendadak akibat terkena racun putas oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Bahkan di dekat sapi tersebut ditemukan adanya buah nangka yang bercampur dengan putas. Diduga kuat sapi tersebut mati karena termakan buah nangka yang bercampur putas itu.

Menurut Tarmizi, sebelumnya sapi tersebut dikandangkan, lalu Senin (4/8/2014) pagi hari, dirinya mengeluarkan sapi itu dari kandang. Kemudian talinya sepanjang 10 meter diikatkan di pohon kelapa di pinggir jalan. Beberapa jam kemudian, dirinya keluar rumah untuk melihat ternaknya itu, betapa terkejutnya dia melihat satu ekor sapinya sudah tergeletak dan kejang-kejang dengan mulut berbusa.

“Belum sempat disembelih sudah mati,” katanya.

Kebetulan saja petugas Keswan lewat, dan dari hasil pengecekan, ternyata ditemukan adanya buah nangka yang sudah matang dekat sapi yang mati itu. Setelah diteliti dalam buah nangka itu ada serbuk putas yang dimasukkan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Kemudian buah nangka yang sudah dibubuhi putas diberikan pada sapi.

“Dari hasil pengecekan petugas kami, sapi itu mati karena diputas, sebab saat mati mulut sapi berbuih dengan mau menyengat, selain itu ada buah nangka yang sudah diberi racun,” terang kepala Dinas pertanian Bengkulu Selatan, Ir Wika Gatot Subroto melalui Kabid Kehewanan, Zopyan Harloki Spt.(tom)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed