oleh

Diduga Menipu, WNA Asal Afrika Barat Diringkus Polda Bengkulu

WNA
WNA Asal Afrika Barat diringkus Polda Bengkulu

kupasbengkulu.com – Warga Negara Asing (WNA) asal Afrika Barat, dengan nama Negara Siera Leone, Francis Jhonson (39) alias Joe Wiliam diringkus anggota Dit Reskrimum Polda Bengkulu, Minggu (31/8/2014) di perumahan sumarecon Gading Serpong, Tanggerang. Pasalnya, Francis diduga menipu, Mintarsih (50), warga Jalan Parkit No 39 RT 04 RW 01 Kelurahan Cempaka Permai, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

Dir Reskrimum Polda Bengkulu, Dadan mengatakan, pelaku diringkus tanpa ada perlawanan. Sehingga pelaku langsung digiring tim Reskrimum Polda Bengkulu untuk dilakukan penyelidikan.

”Kita sudah meringkus pelaku yang sudah dua tahun tahun tinggal di Indonesia. Ia kita ringkus karena diduga menipu. Dimana pelaku menjanjikan korban untuk mencuci uang Dollar melalui tinta kimia yang dijanjiakannnya,” kata Dadan, Senin (1/9/2014).

Indikasi terjadinya dugaan tindak pidana penipuan tersebut, saat korban berkenalan dengan pelaku melalui jejaring sosial Facebook, setelah berkenalan pelaku menjanjikan
cuci uang Dollar hanya dengan menggunakan cairan khusus.

“Kalau pengakuannya, cairan tersebut disiram ke kertas yang dan nantinya kertas tersebut bisa berubah jadi uang Dollar,” jelas Dadan.

Sehingga korban langsung mengirim uang senilai melalui rekening pelaku, sebesar Rp 117 juta. Namun, dirasa belum cukup untuk membeli cairan kimia tersebut, pelaku kemudian kembali meminta uang senilai Rp 58 juta lagi kepada korban dan kembali dikirim melalui ATM.

Namun, semua hal tersebut hanya sebatas janji dari pelaku. Akibatnya korban mengalami kerugian hingga mencapai Rp 380 juta.

”Saat kita gerebek kita tidak menemukan adanya pencucian uang Dollar,” jelas Dadan.

Selain itu, sindikat penipuan diduga sudah go internasional. Dimana pengakuan pelaku adanya yang mengendalikan dari negara asal pelaku.

“Kalau tersangka lain kemungkinana ada. Dari pengakuan pelaku ada yang mengendalikan dari negaranya yakni Patrick,” pungkas Dadan.(dex)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 × 1 =

News Feed