Selasa, Maret 5, 2024

DKP Provinsi Bengkulu Peringati Hari Nusantara dengan Berbagi 1,5 Ton Ikan Segar

DKP Provinsi Bengkulu Peringati Hari Nusantara dengan Berbagi 1,5 Ton Ikan Segar

Wed, 12/13/2023 – 12:34

Gubernur Rohidin didampingi Kadis KP Provinsi Bengkulu, Syafriandi meninjau peserta lomba ikan, Selasa, 13 Desember 2023, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) merayakan Hari Nusantara dengan melibatkan masyarakat, yaitu berbagi ikan segar secara gratis dan lomba masak ikan. Acara yang dihadiri langsung Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran sektor kelautan dan perikanan dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, Rabu, (13/12/2023)

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, Syafriandi menyampaikan, peringatan Hari Nusantara tahun ini memiliki makna yang lebih dalam, mengingat peran strategis sektor kelautan dan perikanan dalam mendorong tumbuh kembang perekonomian daerah. Sektor kelautan Provinsi Bengkulu miliki potensi yang sangat luar biasa.

“Pembagian ikan segar gratis dilakukan sebagai bentuk kepedulian DKP terhadap masyarakat. Sebanyak 1,5 ton ikan segar dibagikan kepada warga yang hadir. Hal ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan kontribusi positif terhadap gizi masyarakat tetapi juga untuk meningkatkan apresiasi terhadap kekayaan laut Bengkulu” kata Syafriandi

Lebih lanjut djelaskan Kabid PRL DKP Provinsi Bengkulu, Deddy Erlando, selain berbagi ikan gratis, acara turut dimeriahkan dengan lomba memasak ikan yang diikuti oleh OPD kabupaten/kota. Para peserta menunjukkan kreativitas dan keahlian dalam mengolah ikan menjadi hidangan lezat dan bergizi. Tim juri yang terdiri dari ahli kuliner dan perwakilan DKP memberikan penilaian terhadap cita rasa, presentasi, dan inovasi dari setiap hidangan.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga dan memanfaatkan sumber daya perikanan secara berkelanjutan. Perikanan bukan hanya sebatas mata pencaharian tetapi juga memiliki dampak besar terhadap kesejahteraan dan ketahanan pangan daerah kita” kata Deddy sembari menginformasikan lomba masa ikan yang dimenangkan tim dari Dinas Perikanan Kabupaten Kepahiang.

Gubernur Rohidin yang hadir dalam nampak ikut serta mencicipi hidangan peserta lomba dan turut membagikan ikan gratis kepada masyarakat. “Hari Nusantara adalah momentum untuk kita terus membangkitkan semangat untuk menjaga sumber daya perikanan dan mengapresiasi kekayaan laut kita. Mudah-mudahan terus berkembang, tidak hanya pada peringatan Hari Nusantara tetapi kegiatan lainnya yang bisa terus memacu semangat membangun Bengkulu” kata Gubernur Rohidin.

Seperti diketahui, Hari Nusantara merupakan momentum bersejarah bagi Republik Indonesia. Hal itu ditandai dengan Deklarasi Djuanda pada 13 Desember 1957 yang menyatakan “Bahwa semua perairan di sekitar, diantara dan yang menghubungkan pulau-pulau yang masuk daratan NKRI adalah bagian-bagian yang tak terpisahkan dari wilayah yurisdiksi Republik Indonesia.” Tonggak sejarah tersebut kemudian diperingati sebagai Hari Nusantara.

Reporter: Irfan Arief

Metropolitan

 

Related

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta Maaf

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta...

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Jika Ini Terjadi

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...