Kamis, Juni 13, 2024

DPRD Minta Eksekutif Ciptakan Grand Desain Potensi Wisata Seluma

DPRD Minta Eksekutif Ciptakan Grand Desain Potensi Wisata Seluma

Tue, 06/11/2024 – 22:10

Nofi Eriyan Andesca, Ketua DPRD Seluma, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma meminta pihak eksekutif untuk menyusun Grand Desain terkait potensi wisata lokal yang kedepannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah pada bidang pariwisata.

Ketua DPRD Seluma, Nofi Eriyan Andesca mengatakan, bahwa pihaknya selalu mendorong dan mengusulkan kepada pihak eksekutif agar dapat membuat Grand Desain tentang pengelolaan wisata karena Kabupaten Seluma punya banyak potensi pada bidang pariwisata yang kedepannya bisa menjadi salah satu indikator peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

“Kabupaten Seluma sebenarnya banyak potensi wisatanya namun sekarang belum tersentuh, maka sudah seharusnya pihak eksekutif membuat Grand Desain terkait potensi wisata supaya kedepannya sektor pariwisata kita dapat berkembang,” kata Nofi , Selasa (11/6/2024).

Memajukan potensi wisata unggulan, lanjut Nofi, tidak hanya mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah saja namun juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta bisa melestarikan kebudayaan melalui sektor pariwisata.

Bahkan, kata Nofi, untuk memperkenalkan sebuah daerah bisa melalui sektor pariwisata sehingga sangat diperlukan jika pihak eksekutif membuat konsep yang matang dalam rangka ingin memajukan potensi wisata unggulan.

“Kita sudah punya kapasitas untuk menetapkan sebuah wisata unggulan di Kabupaten Seluma, sebab dilihat dari potensinya. Apabila wisata unggulan telah ditetapkan, tidak menutup kemungkinan itu bisa menjadi solusi untuk mensejahterakan masyarakat karena hal tersebut masuk dalam ekonomi kreatif yang sebelumnya program tersebut sudah masuk di kementerian pariwisata,” ungkapnya.

Lebih lanjut Nofi mengatakan, pemerintah kini dihadapkan dengan krisis inovasi untuk pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Seluma. Sebab, selama ini belum ada upaya pihak eksekutif mengakomodir aturan yang dapat mengakomodir beragam kebutuhan pengembangan potensi wisata lokal.

“Saya sangat berkeyakinan wisata Kabupaten Seluma sangat berpotensi menarik wisatawan dari luar, karena dilihat wisata kita banyak yang berbentuk wisata alam dengan beragam keasriannya. Pengelolaan dan pengembangan wisata lokal itu diperlukan sekali inovasi pihak pemerintah ataupun dari para stekhokder yang bergerak pada sektor wisata,” demikian kata Nofi. [Adv]

Reporter: Deni Aliansyah Putra

Seluma
Advertorial 

Related

Kondisi Terkini, Jalan Longsor di Desa Talang Ratu Sudah Bisa Dilalui Mobil

Kondisi Terkini, Jalan Longsor di Desa Talang Ratu Sudah...

Komisi III Tunda Sementara Raperda Penyertaan Modal Perumda PDAM

Komisi III Tunda Sementara Raperda Penyertaan Modal Perumda PDAM ...

Siap-siap! Bagi Masyarakat Seluma Nantikan Pantarlih Coklit ke Rumah Anda

Siap-siap! Bagi Masyarakat Seluma Nantikan Pantarlih Coklit ke Rumah...

Hanura Rekom Reskan Effendi untuk Pilbup Bengkulu Selatan

Hanura Rekom Reskan Effendi untuk Pilbup Bengkulu Selatan ...

Pandangan Umum LKPD TA 2023, 6 Fraksi Beri Catatan Kritis

Pandangan Umum LKPD TA 2023, 6 Fraksi Beri Catatan...