Beranda DAERAH BENGKULU DPRD Seluma Beri Catatan Strategis Terkait LKPJ Bupati Tahun 2023

DPRD Seluma Beri Catatan Strategis Terkait LKPJ Bupati Tahun 2023

0
DPRD Seluma Beri Catatan Strategis Terkait LKPJ Bupati Tahun 2023

DPRD Seluma Beri Catatan Strategis Terkait LKPJ Bupati Tahun 2023

Mon, 06/03/2024 – 22:02

Rapat paripurna DPRD Kabupaten Seluma, Senin, 03 Juni 2023, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian catatan strategis terkait Laporan Keuangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati tahun 2023.

Ketua DPRD Seluma, Nofi Eriyan Andesca mengatakan agenda kali ini adalah penyampaian catatan-catatan strategis dari pihaknya terkait Laporan Keuangan Pertanggungjawaban (LKPJ) yang sebelumnya sudah disampaikan oleh Bupati Seluma.

“Beberapa catatan sudah disampaikan, salah satunya soal kebijakan Dinas Perikanan yang setiap programnya tidak menyentuh langsung kepada masyarakat terkhususnya kepada para nelayan,” kata Nofi, Senin (03/06/2024).

Kata Nofi, penyampaian catatan strategis ini merupakan agenda rutin yang dilakukan pihaknya setelah sebelumnya dilaksanakan tahapan pandangan umum, rapat komisi hingga pada akhirnya muncul kesimpulan yakni catatan strategis yang disampaikan kali ini.

“Catatan dan saran yang disampaikan kali ini sudah melalui pembahasan sebelumnya pada tahapan rapat komisi, pandangan umum hingga dapat bisa disimpulkan beberapa catatan yang diberikan kepada Bupati Seluma,” ujarnya.

Lebih lanjut Nofi mengatakan, bahwa sebagai lembaga pengawasan penyampaian kritik dan saran sangat wajar dilakukan dan seharusnya apa yang sudah disampaikan bisa segera ditindaklanjuti secara segera. Kritik yang banyak disampaikan dari masyarakat yaitu terkait kinerja OPD di lingkungan Pemkab Seluma yang programnya banyak tidak tersentuh masyarakat dan dikeluhkan sistem pelayanannya.

“Banyak kritik dan saran kami sampaikan yang diantaranya adalah kinerja OPD belum maksimal pada sistem pelayanan serta setiap program OPD banyak dikeluhkan tidak secara menyeluruh kepada semua kalangan masyarakat,” ungkapnya.

Bupati Seluma Erwin Octavian mengucapkan ribuan terima kasih atas saran dan kritik yang sudah disampaikan oleh DPRD Kabupaten Seluma. Ia mengucapkan maaf kepada semua kalangan masyarakat bahwa masih ada program belum terlaksana karena APBD yang kini sangatlah minim.

“Atas nama kepala daerah, saya mengucapkan ribuan maaf atas banyaknya keinginan masyarakat belum dapat terpenuhi karena keuangan daerah APBD sangat terbatas, maka saya meminta maaf ata hal itu,” ujarnya.

Dibalik itu, kata Erwin, sebagai informasi dan dan kabar baik bagi seluruh kalangan masyarakat Kabupaten Seluma bahwa pemerintah kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2023 dari BPK RI.

“Bagi kita semua ada kabar baik yaitu pihak pemerintah kembali mendapatkan opini WTP atas tertibnya pengelolaan keuangan. Selain itu penilaian WTP menyebutkan bahwa indeks pengelolaan keuangan kita diatas 85% ,masuk zona hijau,” kata Bupati Erwin saat kaya sambutan pada Paripurna.

Adapun Rapat paripurna tersebut dipimpin secara langsung oleh Ketua DPRD Seluma, Nofi Eriyan Andesca, Waka I Sugeng Zonrio dan tak terkecuali turut hadir Bupati Seluma, Erwin Octavian, Kepala OPD dan unsur Forkopimda beserta 20 anggota DPRD dari berbagai fraksi.

Reporter: Deni Aliansyah Putra

Seluma