oleh

Enam Modus Kejahatan Wajib Diwaspadai

Ilustrasi oleh : Doni Windya Putra/kupasbengkulu.com
Ilustrasi oleh : Doni Windya Putra/kupasbengkulu.com

kupasbengkulu.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri berbagai aksi kejahatan semakin marak terjadi, banyak modus dilakoni para pelaku kejahatan demi melancarkan aksinya. Kupasbengkulu.com memberikan info tentang modus kejahatan menjelang lebaran dan tips menghindarinya.

1. Modus menghadang di tengah jalan : biasanya ini dilakukan oleh dua orang atau lebih, dengan melambaikan tangan seolah mereka butuh bantuan. Perhatikan situasi jalanan yang anda lalui, jika sepi sebaiknya menghindarlah kemudian laporkan kejadian ini pada pos polisi terdekat. Hindarilah melewati jalanan yang sepi dan rawan aksi kejahatan terlebih jika anda hanya sendirian.

2. Modus sok kenal : ketika anda berada dalam angkutan umum atau di pemberhentian sewaktu mudik, berhati hatilah pada seseorang yang sok kenal dan sibuk mengakrabkan diri dengan anda karena sudah banyak kejadian pelaku kejahatan tipe ini kerap membius dan menghipnotis lalu menguras habis barang berharga korban.

3. Modus memberikan bantuan di ATM: jika ada masalah ketika anda akan mengambil uang di ATM, hubungilah nomor bank yang biasanya sudah tertera di ATM dan pihak bank akan tetap menerima telepon anda meski sedang lebaran sekalipun. Anda juga bisa meminta bantuan pada security bank bukan pada orang asing.

4. Memberi aba-aba ban kita pecah: terutama untuk pengendara mobil, jika anda mendapati kejadian ini, bersikaplah dengan tenang lalu bawa mobil anda ke tempat yang ramai atau pom bensin untuk memeriksanya.

5. Pura pura keserempet : anda pasti bisa menyadari anda menyerempet orang lain saat berkendara atau tidak, jika tiba tiba ada yang mengaku terserempet oleh anda dan memaksa anda untuk keluar dari kendaraan pastikan anda tidak menurutinya. Bawalah kendaraan anda menuju tempat yang ramai, karena saat menjelang lebaran banyak pos keamanan yang bisa memberi anda bantuan.

6. Modus tawaran menjaga rumah: menjelang lebaran biasanya banyak orang yang mudik, mungkin termasuk anda. Berhati hatilah pada orang yang menawarkan diri untuk menjaga rumah anda selama anda dan keluarga mudik meskipun orang tersebut anda kenal. Sebaiknya sebelum mudik pastikan anda menitipkan barang berharga di tempat yang terjamin keamanannya seperti bank atau tempat penggadaian yang terjamin. Untuk menghindari kebakaran cabut gas dan matikan listrik rumah anda.

Selain beberapa poin tersebut anda juga tetap harus mawas diri dan tidak lengah atau memancing kejahatan. Jika anda mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan anda sudah di tune up, dan bila mudik menggunakan kendaraan umum, pastikan anda tidak pamer barang berharga.(cr10)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed