oleh

Galakkan PKK, Ibu Gub Ajak Manfaatkan Lahan Pekarangan

Ketua PKK Provinsi Bengkulu, Hj. Honiarty, S.Ag, bersama anggotanya saat meninjau lokasi kebun PKK, Jumat (7/2/2014).
Ketua PKK Provinsi Bengkulu, Hj. Honiarty, S.Ag, bersama anggotanya saat meninjau lokasi kebun PKK, Jumat (7/2/2014).

kupasbengkulu.com – Pengembangan dari program nasional ketahanan pangan, kelompok PKK Provinsi Bengkulu yang diketuai ibu Gubernur, Hj. Honiarty, S.Ag, menggalakkan program pemanfaatan lahan pekarangan.

Dijelaskan Honiarty, pelaksanaksanaan program ini berdasarkan implementasi dari 10 program pokok PKK, antara lain penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan sehat.

“Pusat edukasi ini satu-satunya di Indonesia. Ini salah satu program PKK, tujuannya adalah untuk menumbuhkan jiwa-jiwa yang kreatif serta ibu rumah tangga yang mandiri,” terang Honiarty saat ditemui di Pusat Edukasi Kebun PKK, tepat di samping kantor Tim Penggerak PKK Provinsi Bengkulu, Jumat (07/02/2014).

Pusat Edukasi Kebun PKK Provinsi Bengkulu ini ditangani langsung oleh Balitbang Pertanian Provinsi Bengkulu. Di lahan seluas setengah hektar ini ditempatkan berbagai komoditas, seperti pangan, sayuran, buah-buahan, biofarmaka, peternakan, dan perikanan.

“Ini semua diperuntukkan kepada PKK Provinsi Bengkulu. Kebun edukasi ini sebagai media centre pembelajaran bagi kaum ibu dalam pemanfaatan lahan pekarangan. Jadi di sini ibu-ibu bisa langsung bertanya dan belajar dengan tim yang sudah berpengalaman,” jelas Dr. Ir. Dedi Suganti, Mp., dari Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian.

Kembali ditambahkan Honiarty, dirinya berharap agar Pusat Edukasi Kebun PKK menimbulkan dampak positif di tengah masyarakat.

“Harapannya dengan adanya pusat edukasi di PKK Provinsi ini, ibu-ibu se-Provinsi Bengkulu bisa termotivasi. Langkah ini juga untuk menanggulangi angka pengangguran. Ibu-ibu bisa berhemat bahkan mempunyai penghasilan sendiri jika tekun menjalaninya,” demikian Honiarty. (val)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed