oleh

Gub : Penyuluh Jangan ‘Gaptek’

IMG_8415
BANTUAN : Gubernur Bengkulu menyerahkan bantuan secara simbolis dengan Bupati Seluma, Selasa (24/12).

kupasbengkulu.com – Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd mengatakan, jika profesi penyuluh jangan sampai ketinggalan kecanggihan dengan teknologi atau Gagap Teknologi (Gaptek). Hal ini juga mesti diseimbangi dengan perkembangan yang terjadi di seluruh dunia melalui media internet.

”Kita juga mesti mengikuti perkembangan teknologi  yang ada didunia luar khususnya untuk penyuluh. Nah, ini bisa ketahui melalui media internet,” kata Junaidi,  saat pemberian bantuan kepada penyuluh di Lapangan Rimbo Kedui, Kabupaten Seluma, Selasa (24/12/2013).

Junaidi menambahkan, dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan menganggarkan baju seragam untuk penyuluh. Hal tersebut, nantinya dimasukkan dalam APBD Provinsi Bengkulu.

”Tahun depan kita berupaya seluruh penyuluh ada seragam dinas. Ini tidak terlepas dari dukungan legislatif agar apa yang telah direncanakan dapat terwujud sesuai dengan harapan,” jelas Junaidi.

Pada kesempatan tersebut, Bakorluh Provinsi Bengkulu menyerahkan bantuan, Cyber Extention sebanyak 10 unit ke BP4K 10 kabupaten dan kota. Mini wireless kepada 10 kabupaten dan kota sebanyak 28 unit.  Selain itu, BP4K Kabupaten Seluma mendapatkan bantuan LCD Projektor, Laptop dan Layar In Focus sebanyak 5 unit.

Tidak hanya itu, BP4K dan BPP Kabupaten Seluma mendapatkan bantuan perangkat uji tanah sawah sebanyak 82 unit. Bantuan lainnya,  sepatu boat diperuntukkan penyuluh pertanian, perikanan, kehutanan dan THL sebanyak 145 pasang.

Bantuan lainnya, Hand Sprayer pertanian dari dana  APBN diberikan untuk BPP Seluma sebanyak 28 unit.  Sementara bantuan untuk kelompok tani berupa Demfarm sebanyak 96 unit.

Secara terpisah. Sekretaris Bakorluh Provinsi Bengkulu, Ir. Bismalinda, M.Si mengatakan,  penyuluh pertanian dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dalam mengupayakan peningkatan hasil pertanian di Bengkulu.

”Bantuan tersebut salah satu keseriusan dari pemerintah dalam setiap pembangunan disegala sektor, agar apa yang kita targetkan dapat tercapai,” ujar Bismalinda.

Dibagian lain, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, juga memberikan bantuan berupa mobil truk serbaguna sebanyak 1 unit, mobil Logpal sebanyak 1 unit, mobil pick up 2 unit, mobil rescue 2 unit, mesin penyedot air 2 unit, pelampung air 2 unit.

Tidak mau ketinggalan, dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Bengkulu juga menyalurkan bantuan berupa bahan makanan. Dari Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu juga memberikan bantuan, bibit sawit dan karet unggul.  Sementara dari Dinas Kelautan Perikanan (DKP) bantuan pengembangan usaha mina pedesaan. (sep)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed