Selasa, Mei 28, 2024

Gubernur Ingin Kolaborasikan Dendang Rejang dan Serawai

Terinspirasi dengan penampilan sinden di pertunjukan inilah, Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, tertarik untuk mengkolaborasikan antara Dendang Rejang dan Serawai.
Terinspirasi dengan penampilan sinden di pertunjukan inilah, Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, tertarik untuk mengkolaborasikan antara Dendang Rejang dan Serawai.

kupasbengkulu.com – Gubernur Bengkulu, H. Junaidi Hamsyah, berkeinginan untuk mengkolaborasikan antara seni Dendang Rejang dengan seni Dendang Serawai, demikian disampaikannya dalam pembukaan pagelaran seni Wayang Kulit oleh dalang Ki Manteb Soedharsono di pelataran Sport Centre Kota Bengkulu, Sabtu Malam (31/05/2014).

Acara berlangsung meriah, makin larut malam, semakin banyak masyarakat yang berbondong-bondong datang untuk menyaksikan pementasan Wayang Kulit tersebut.

“Memang MPR RI tidak salah memilih Bengkulu sebagai tempat penyelenggaraan acara, karena Bengkulu juga sebenarnya punya banyak kebudayaan yang bisa diekspos untuk memberikan nilai tambah pada perekonomian dan kebudayaan itu sendiri,” ujar Junaidi.

“Manalagi ditambah aspek sejarah yang merupakan mata rantai nasionalisme di Indonesia, sehingga kebudayaan menjadi media efektif reaktualisasi agar nilai-nilai Pancasila senantiasa menaungi RI,” lanjutnya.

Disebutkan pimpinan MPR RI sebelumnya bahwa wayang kulit dan beberapa jenis kesenian wayang lainnya saat ini digunakan sebagai media sosialisasi empat pilar kebangsaan oleh MPR RI. Oleh karena itu Junaidi berharap salah satu kesenian Bengkulu juga dijadikan media sosialisasi dari empat pilar kebangsaan tersebut.

“Walau Bengkulu tidak punya Wayang, tapi Bengkulu punya Seni Dendang yang biasa dimainkan untuk acara semalam suntuk seperti kesenian Wayang Kulit ini. Kita bisa kolaborasikan antara Seni Dendang Rejang dengan Seni Dendang Serawai, pasti tidak kalah menariknya dengan kesenian Wayang Kulit dari Jawa ini,” pungkasnya. (val)

Related

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap II

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap...

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM Berdaya Saing

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM...

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta ...

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas Ditolak Warga

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas...

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi SPBE

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi...