Senin, Mei 16, 2022

Gubernur Ingin Kolaborasikan Dendang Rejang dan Serawai

Baca selanjutnya

Terinspirasi dengan penampilan sinden di pertunjukan inilah, Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, tertarik untuk mengkolaborasikan antara Dendang Rejang dan Serawai.
Terinspirasi dengan penampilan sinden di pertunjukan inilah, Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, tertarik untuk mengkolaborasikan antara Dendang Rejang dan Serawai.

kupasbengkulu.com – Gubernur Bengkulu, H. Junaidi Hamsyah, berkeinginan untuk mengkolaborasikan antara seni Dendang Rejang dengan seni Dendang Serawai, demikian disampaikannya dalam pembukaan pagelaran seni Wayang Kulit oleh dalang Ki Manteb Soedharsono di pelataran Sport Centre Kota Bengkulu, Sabtu Malam (31/05/2014).

Acara berlangsung meriah, makin larut malam, semakin banyak masyarakat yang berbondong-bondong datang untuk menyaksikan pementasan Wayang Kulit tersebut.

“Memang MPR RI tidak salah memilih Bengkulu sebagai tempat penyelenggaraan acara, karena Bengkulu juga sebenarnya punya banyak kebudayaan yang bisa diekspos untuk memberikan nilai tambah pada perekonomian dan kebudayaan itu sendiri,” ujar Junaidi.

“Manalagi ditambah aspek sejarah yang merupakan mata rantai nasionalisme di Indonesia, sehingga kebudayaan menjadi media efektif reaktualisasi agar nilai-nilai Pancasila senantiasa menaungi RI,” lanjutnya.

Disebutkan pimpinan MPR RI sebelumnya bahwa wayang kulit dan beberapa jenis kesenian wayang lainnya saat ini digunakan sebagai media sosialisasi empat pilar kebangsaan oleh MPR RI. Oleh karena itu Junaidi berharap salah satu kesenian Bengkulu juga dijadikan media sosialisasi dari empat pilar kebangsaan tersebut.

“Walau Bengkulu tidak punya Wayang, tapi Bengkulu punya Seni Dendang yang biasa dimainkan untuk acara semalam suntuk seperti kesenian Wayang Kulit ini. Kita bisa kolaborasikan antara Seni Dendang Rejang dengan Seni Dendang Serawai, pasti tidak kalah menariknya dengan kesenian Wayang Kulit dari Jawa ini,” pungkasnya. (val)

Masuk Masjid Bayar Rp5 Ribu, Mantan Bupati Pessel: Ini Memalukan

Kupas News, Pesisir Selatan - Memalukan. Itulah kata menohok yang keluar dari bibir mantan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, setelah menanggapi unggahan video salah satu...

Wanita Penyuka Sesama Jenis Cabuli Temannya Sendiri

Kupas News, Bengkulu Utara - Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Bengkulu Utara mengamankan 1 orang warga Bengkulu Utara terduga pelaku tindak pidana pencabulan terhadap...

Tahun Depan RSUD M. Yunus Sediakan Program Kesehatan Jantung

Kupas News, Bengkulu - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui RSUD M Yunus Bengkulu berkomitmen, di tahun 2024 siap melayani pasien penyakit jantung (kardiovaskular) secara...

Pembangunan Gedung Utama Polda Bengkulu Dilanjutkan

Kupas News, Bengkulu - Polda Bengkulu menggelar tasyakuran doa bersama pengembangan gedung utama Mapolda Bengkulu, Jumat (13/05). Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolda Bengkulu Irjen...

Mulai Besok Sistem akan Potong Gaji ASN yang Bercerai

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Ketua Pengadilan Agama Bengkulu dan Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Pertukaran data...

Terbaru