Minggu, November 27, 2022

Gubernur Ingin Kolaborasikan Dendang Rejang dan Serawai

Baca selanjutnya

Terinspirasi dengan penampilan sinden di pertunjukan inilah, Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, tertarik untuk mengkolaborasikan antara Dendang Rejang dan Serawai.
Terinspirasi dengan penampilan sinden di pertunjukan inilah, Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, tertarik untuk mengkolaborasikan antara Dendang Rejang dan Serawai.

kupasbengkulu.com – Gubernur Bengkulu, H. Junaidi Hamsyah, berkeinginan untuk mengkolaborasikan antara seni Dendang Rejang dengan seni Dendang Serawai, demikian disampaikannya dalam pembukaan pagelaran seni Wayang Kulit oleh dalang Ki Manteb Soedharsono di pelataran Sport Centre Kota Bengkulu, Sabtu Malam (31/05/2014).

Acara berlangsung meriah, makin larut malam, semakin banyak masyarakat yang berbondong-bondong datang untuk menyaksikan pementasan Wayang Kulit tersebut.

“Memang MPR RI tidak salah memilih Bengkulu sebagai tempat penyelenggaraan acara, karena Bengkulu juga sebenarnya punya banyak kebudayaan yang bisa diekspos untuk memberikan nilai tambah pada perekonomian dan kebudayaan itu sendiri,” ujar Junaidi.

“Manalagi ditambah aspek sejarah yang merupakan mata rantai nasionalisme di Indonesia, sehingga kebudayaan menjadi media efektif reaktualisasi agar nilai-nilai Pancasila senantiasa menaungi RI,” lanjutnya.

Disebutkan pimpinan MPR RI sebelumnya bahwa wayang kulit dan beberapa jenis kesenian wayang lainnya saat ini digunakan sebagai media sosialisasi empat pilar kebangsaan oleh MPR RI. Oleh karena itu Junaidi berharap salah satu kesenian Bengkulu juga dijadikan media sosialisasi dari empat pilar kebangsaan tersebut.

“Walau Bengkulu tidak punya Wayang, tapi Bengkulu punya Seni Dendang yang biasa dimainkan untuk acara semalam suntuk seperti kesenian Wayang Kulit ini. Kita bisa kolaborasikan antara Seni Dendang Rejang dengan Seni Dendang Serawai, pasti tidak kalah menariknya dengan kesenian Wayang Kulit dari Jawa ini,” pungkasnya. (val)

Masa Sidang Ke III Legislator Marlesi Jemput Aspirasi Konstituen Dapil II

Kupas News, Bengkulu – Memasuki akhir tahun 2022, seluruh anggota dewan provinsi Bengkulu menjalani masa reses. Dimana menyerap aspirasi dan menindaklanjuti aspirasi merupakan perwujudan...

Pembukaan KBN 2022 di Bengkulu Ditandai Peluncuran Logo dan Maskot

Kupas News, Kota Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) 07 membuka secara resmi kegiatan Kemah Bela Negara Nasional (KBN)...

Polda Bengkulu Gelar Shalat Ghaib untuk Korban Gempa Cianjur

Kupas News, Kota Bengkulu – Ungkapkan rasa turut berduka cita atas musibah gempa yang menimpa daerah Cianjur Jawa Barat, Personil Polda Bengkulu , Jum’at...

Polisi Tangkap Dua Pelaku Curas yang Beraksi di STQ Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Polsek Selebar berhasil menangkap dua dari tiga pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi pada Senin 21...

Lelang Eselon II, 22 Pendaftar Masuk Tahap Seleksi Administrasi

Kupas News, Kota Bengkulu – Proses lelang jabatan pejabat eselon II Pemkot Bengkulu telah memasuki tahapan seleksi administrasi berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan. Saat ini...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru