oleh

Heboh, Warga Temukan Peninggalan Purbakala

Penggalian dan temuan batu yang mirip mata kapak dan mata tombak (1)
Penggalian dan temuan batu yang mirip mata kapak dan mata tombak

Kepahiang, kupasbengkulu.com – Warga Desa Kelilik, Kecamatan Seberang Musi, dihebohkan dengan temuan benda yang diduga peninggalan zaman purbakala. Lokasi temuan, di kawasan tambang galian C milik warga Kelurahan Dusun Kepahiang, Arbi (50).

Benda-benda yang terbuat dari batu itu, sangat mirip dengan mata kapak dan mata tombak. Sedangkan, warga pertama kali yang menemukan adalah pekerja tambang pasir. ” Mendapatkan itu, pekerja tambang menyampaikannya kepada saya. Selain dengan temuan mata kapak dan tombak, juga ditemukan sebuah kendi yang diduga terbuat dari tanah,” sampai Arbi.

Memperkuat dugaan mereka atas benda tersebut adalah peninggalan zaman purbakala, adalah terdapatnya abu dan tulang manusia dalam kendi.

“Sebelum menduga kuat itu sebagai peninggalan, ada yang ingin menjadikan sebagai bahan batu akik. Setelah mendapatkan tulang dan abu didalam kendi, perkiraan terbantahkan dan kuat mengarah pada peninggalan,” ujar Arbi.

Atas temuan itu, Arbi memperkirakan lokasi tambangnya dulu merupakan pemukiman penduduk zaman purbakala, maupun penduduk yang beragama Hindu.

“Untuk keamanan benda-benda temuan itu. Saya simpan dulu dirumah saya,’ singkat Arbi.(slo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

three × five =

News Feed